Asyik, KAI Operasikan KA Ciremai Tambahan Relasi Semarang-Bandung

Senior Manajer Humas PT KAI Daop I Jakarta, Edy Kuswoyo - berita.suaramerdeka.com
Senior Manajer Humas PT KAI Daop I Jakarta, Edy Kuswoyo - berita.suaramerdeka.com

Semarang – PT Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang juga mengoperasikan tambahan ketika libur Hari Buruh Internasional tanggal 1 Mei 2017 mendatang. Demi mengantisipasi kenaikan penumpang saat long weekend, Daop 4 Semarang akan mengoperasikan KA Ciremai tambahan relasi Semarang Tawang-Bandung.

“Ini untuk memenuhi kebutuhan , mengingat tingginya permintaan angkutan dengan tujuan Bandung maupun sebaliknya pada saat liburan panjang,” jelas Edy Kuswoyo, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Kamis (27/4).

KA Ciremai Tambahan terdiri dari 2 kelas dengan kapasitas 100 tempat duduk, 3 kereta kelas ekonomi new image kapasitas 240 tempat duduk, dan 2 kereta kelas ekonomi new image difabel berkapasitas 128 tempat duduk. “Kereta difabel tersebut dilengkapi dengan tempat untuk menaruh kursi roda yang diperuntukkan bagi pelanggan yang berkebutuhan khusus,” ungkap Edy.

KA Ciremai Tambahan rute Semarang Tawang – Bandung PP ini dijadwalkan berangkat pada hari Sabtu (29/4) besok pukul 07.00 WIB dari Semarang dan akan berangkat lagi dari Bandung pada jam 18.25 WIB.

KA Ciremai Tambahan kelas eksekutif tujuan Bandung dibanderol seharga Rp 260 ribu dan kelas ekonomi tarifnya Rp 130 ribu. Selain itu, PT KAI juga menerapkan tarif parsial untuk keberangkatan dari Semarang Tawang tujuan Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan Cirebon, yakni Rp 160 ribu (kelas eksekutif) dan Rp 80 ribu (kelas ekonomi).

Sedangkan kereta menuju ke Jatibarang akan dikenai tarif khusus sebesar Rp 210 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 105 ribu untuk KA kelas ekonomi. “Tarif parsial ini juga berlaku dari dan ke tujuan sebaliknya,” sambung Edy.

Dengan dioperasikannya KA Ciremai Tambahan ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat dari Semarang yang hendak bepergian ke Bandung saat pagi hari hari. Pemesanan KA Ciremai Tambahan dapat dilakukan sejak Kamis (27/4) di loket stasiun, contact center 121, website KAI tiket.kereta-api.co.id, KAI Access, atau channel resmi yang lain.