Asyik, Mudik Lebaran Kali Ini KA Wisata Sudah Dilengkapi Fasilitas Wi-Fi!

Sunarjo, Direktur Operasional dan Administrasi PT Kereta Api Pariwisata - bisniswisata.co.id
Sunarjo, Direktur Operasional dan Administrasi PT Kereta Api Pariwisata - bisniswisata.co.id

Gambir – PT Kereta Api Pariwisata selaku anak usaha (KAI) semakin memanjakan para pelanggan setianya. Kini tersedia Wi-Fi gratis untuk para pemudik yang menumpang KA Wisata pada masa angkutan 2018. Fasilitas WiFi gratis tersebut tersedia dalam kereta prioritas dengan pola Free Independent Traveler (FIT) atau perseorangan.

“Tahun ini kami memberikan free Wifi, tahun 2017 belum ada. Jadi semua kereta wisata ada Wifinya, terutama priority,” kata Sunarjo, Direktur Operasi dan Administrasi di Stasiun Gambir, Pusat, Senin (4/6), seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Sunarjo menjelaskan jika fasilitas WiFi ini dibatasi hanya dapat dipakai untuk mengakses media sosial dan chatting. “Memang kita batasi tidak bisa untuk nyetel YouTube. Itu kan besar sekali ya. Bisanya WhatsApp, chatting, kalau nonton film ada fasilitas sendiri,” tutur Sunarjo.

KA Wisata pada masa angkutan Lebaran 2018 ini ternyata bukan hanya berasal dari kalangan korporasi, tetapi lebih didominasi oleh keluarga yang hendak pulang kampung bersama-sama. “Kalau masa angkutan lebaran lebih ke keluarga ada yang teman-teman satu alumni atau satu kampung,” bebernya.

Tingginya minat masyarakat menggunakan KA Wisata pun membuat untuk mudik tahun ini telah habis terjual. Tren mudik dengan KA Wisata dilaporkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. “Tahun ini total jumlah penumpang KA wisata dengan FIT (free independent traveler) atau perseorangan 8.736 orang, dengan 306 perjalanan. Sedangkan penumpang sewa 444 orang dengan 22 perjalanan,” papar Sunarjo.

Saat ini tersisa 1 gerbong KA Wisata dengan sistem sewa untuk tanggal 9 Juni 2018 yang melayani rute Gambir-Surabaya Gubeng dengan KA Bangunkarta. Para wisatawan sendiri terpantau mulai membeli tiket KA wisata sejak H-90 sebelum Hari Raya Idul Fitri, sedangkan yang dipilih sejak 5-26 Juni 2018.

Jika tahun lalu destinasi yang menjadi favorit adalah Kota Bandung, maka tahun ini bergeser ke dan Yogyakarta. “Banyak sekali yang sewa ke . Perantau dari , Banyumas, banyak pilih KA wisata,” ungkap Totok Suryono, Presiden Direktur PT KA Pariwisata.

KA wisata dengan penjualan FIT au perorangan tiketnya dijual mulai Rp 300 ribu untuk rute Gambir-Bandung, hingga Rp 1,2 juta untuk rute Gambir-Malang dengan kapasitas 19-24 kursi per gerbong. Sedangkan KA wisata yang harus disewa seperti KA Toraja, KA Jawa, KA Bali, KA Sumatera, KA Nusantara, dan KA Imperial harganya berkisar mulai Rp 26,5 juta per gerbong dengan jumlah tempat duduk 19-22 seat.