Bakal Ada 3.500 Tiket Kereta Tambahan untuk Mudik 2017, Ini Cara Mendapatkannya

Suprapto, Humas PT KAI Daop 1 - www.arah.com

Karawang (KAI) mengungkapkan bahwa kereta api jurusan Jakarta-Bandung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk mudik 2017 sudah habis terjual. Tetapi pihak KAI sedang menyiapkan kereta api tambahan sekitar 3.500 lembar untuk para pemudik yang masih belum kebagian . Lantas bagaimana cara memperoleh tambahan tersebut?

“Tiket kereta telah habis untuk pemberangkatan H-10 hingga H+10 Lebaran nanti. Sementara pemesanan tiket masih tinggi,” kata Suprapto, Senior Manajer Humas Daop 1 Jakarta, Senin (22/5).

Demi memfasilitasi tingginya kebutuhan masyarakat yang hendak pulang kampung, PT KAI berencana menambah rangkaian masing-masing berjumlah 6 rangkaian pada kereta baru. Dengan adanya penambahan tersebut nantinya diperkirakan 3.500 pemudik akan berkesempatan memperoleh tiket kereta.

“Dengan adanya penambahan kereta, maka bakal ada penambahan pemberangkatan sebanyak 52 kereta reguler mampu melayani 37.814 per hari,” papar Suprapto. “Rencananya akan ada penambahan gelombang kedua. Hal ini terkait akan selesainya 6 trainset kereta oleh PT INKA. Kami optimistis hal itu bisa memperkuat armada lebaran nanti,” sambungnya.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemesanan tiket KA tambahan Lebaran 2017 dapat dilakukan melalui website KAI, aplikasi KAI Access, Contact Center 121, atau melalui berbagai channel eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI. Atau dengan mengakses tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id, dan tiket3.kereta-api.co.id,” tuturnya.

Pada kesempatan lain Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan jika pemesanan tiket kereta untuk mudik Lebaran 2017 kali ini kebanyakan berasal dari pemesanan secara daring (online). “Selain itu kami juga memberlakukan potongan untuk administrasi. Jadi tiket yang dibayar pemesan secara otomatis terpotong Rp 7.500 untuk administrasi. Tidak hanya itu, pemesanan sebanyak empat lembar tiket hanya terkena biaya administrasi sekali, jadi bisa hemat Rp 22.500,” kata Edy Kuswoyo, Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang.