Bandung juga Buat Monorel

– Bukan hanya yang akan memiliki tetapi salah satu kota terpadat di Indonesia juga akan membangun monorel. Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pembangunan fisik dari monorel Raya akan dikerjakan awal tahun2014.

Tahun 2013 ini , akan disiapkan masterplan dari monorel Bandung Raya. Setelah semua pihak setuju dengan masterplan ini, langsung akan dikerjakan awal tahun2014.

Gubernur Jawa Barat merasa sangat optimis dengan pembangunan monorel Bandung Raya ini akan berjalan sesuai dengan rencana. Pembangunan monorel Bandung Raya ini juga bekerjasama dengan China National Machinery & Equipment Import & Export Corporation (CMC). Tanda tangan kerja sama antara kedua belah pihak sudah dilakukan di Beijing, China pada 8 Juni 2013 lalu.

“Saya yakin, karena yang mau menawarkan pada kita adalah mereka. Biasanya kalau pihak investor aktif, itu sudah masuk hitung-hitungan kasar,” jelas Heryawan.

Selain bekerjasama dengan CMC pihak pemprov Jabar juga akan mendapatkan bantuan biaya dari Asian Development Bank (ADB). Biaya dari proyek ini juga diambil dari penjualan obligasi provinsi Jawa Barat kepada masyarakat.

Pembuatan masterplan dari monorel ini dilakukan oleh Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, Deny Juanda bersama dengan pihak CMC. Pembuatan monorel ini digunakan untuk menyiasati kemancetan yang terjadi di kota Bandung dan untuk membuat publik yang efisien.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.