Bank Mandiri Beri Pinjaman Dana Rp 1,27 Triliun untuk PT KAI

Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) siap untuk memberikan kredit modal kerja (KMK) sebesar Rp 1 triliun pada (KAI). Modal tersebut kelak akan digunakan untuk membiayai operasional .

Perjanjian kredit dengan tenor 12 bulan itu ditandatangani oleh Direktur Keuangan KAI, Didiek Hartantyo dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar, serta disaksikan oleh Dirut KAI, Edi Sukmoro di Bandung, Jawa Barat.

Royke berpendapat bahwa bantuan dana itu adalah bagian dari sinergi strategis BUMN untuk mendukung di Indonesia.

“Kami berharap kerja sama ini dapat mendukung KAI memenuhi mandat dalam penguatan konektivitas wilayah melalui , serta dalam penyediaan terbaik kepada masyarakat pengguna ,” ujar Royke, Rabu (28/9).

Bank Mandiri diketahui telah turut menyumbangkan dana sekitar Rp 1,27 triliun untuk peningkatan KAI dengan pembagian sekitar Rp 600 miliar untuk rail link dan Rp 500 miliar untuk commuter line dari total sindikasi Rp 4,8 triliun.

massal yang berkualitas dan dapat diandalkan merupakan salah satu komponen utama dalam mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan,” imbuh Royke.

Mandiri juga mempersiapkan layanan asuransi untuk para pegawai KAI dan keluarganya lewat anak perusahaan Mandiri, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth). CEO Mandiri Inhealth, Iwan Pasila menuturkan jika pihaknya memberi layanan untuk 83.200 karyawan dan keluarga KAI dengan fitur koordinasi manfaat (coordination of benefits).

“Pola layanan kesehatan ini memungkinkan KAI untuk dapat memberikan manfaat kesehatan yang sudah dijanjikan, dengan biaya yang terkendali karena dapat memanfaatkan skema jaminan kesehatan nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan untuk menanggung sebagian klaim yang timbul,” ujarnya.

“Preminya bisa dikombinasikan dengan BPJS Kesehatan sehingga tidak ada double payment untuk jaminan kesehatan yang sama,” imbuhnya.