Beroperasi Akhir Februari 2019, Proyek Skybridge LRT Jakarta Dikebut

Pembangunan jembatan atau skybridge
Pembangunan jembatan atau skybridge - kompas.com

Angkutan light rail transit () Jakarta Fase 1 yang menghubungkan Kelapa Gading dengan Velodrome menurut rencana akan mulai dioperasikan pada akhir Februari 2019 mendatang. Karena itu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) saat ini tengah mengebut pekerjaan pembangunan atau skybridge penghubung LRT Velodrome dengan Halte Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur.

“Pembangunan skybridge dimulai dengan membangun fondasi serta menyusun rangka baja,” jelas Direktur LRT Jakarta Jakpro, Iwan Takwin, dilansir Kompas. “Pembangunan skybridge itu diharapkan dapat rampung sebelum LRT Jakarta Fase 1 Kelapa Gading-Velodrome beroperasi. Saat ini, sementara kami mulai pekerjaan fondasi dan fabrikasi baja di workshop.”

Skybridge sendiri didirikan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi yang akan berpindah moda transportasi. Pengguna LRT nantinya bisa berjalan menuju halte Transjakarta ataupun sebaliknya melalui skybridge tersebut, tanpa harus turun ke . “Kami usahakan (rampung sebelum LRT beroperasi), mungkin masih proses finishing,” sambung Iwan.

“Selain skybridge, kami juga masih merampungkan sejumlah pekerjaan di depo LRT Jakarta di kawasan Kelapa Gading, antara lain bagian depo, bagian fasilitas maintenance tahunan, dan finishing area stasiun di depo,” tambah Iwan. “Sementara, pekerjaan di lima stasiun LRT dan kereta sudah hampir selesai 100 persen.”

Saat ini, perusahaan juga masih memperbaiki jalan di bawah proyek LRT Jakarta Fase 1. Ruas jalan di jalur tersebut rusak sebagai imbas proyek pembangunan tersebut. Menurut Iwan, pihaknya kini melakukan perbaikan atau leveling jalang dengan pengaspalan ulang jalan di sekitar proyek LRT. Perbaikan jalan juga diharapkan bisa kelar sebelum LRT beroperasi.

Proyek LRT Jakarta Fase 1 sendiri membentang sejauh 5,8 km dari Kelapa Gading, Jakarta Utara hingga ke Rawamangun, Jakarta Timur. Ruas jalan yang dilalui proyek tersebut antara lain Jalan Raya Kelapa Nias, Jalan Boulevard Raya, Jalan Kayu Putih Raya, dan Jalan Balap Sepeda. “Perbaikan masih berjalan dan kami usahakan bisa selesai sebelum operasi (LRT),” pungkas Iwan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*