Beroperasi Hari Ini, Harga Tiket Kereta Bandara Soetta Kembali Normal

JAKARTA – Selasa (2/1) ini, Soekarno-Hatta dijadwalkan akan beroperasi secara penuh dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dengan demikian, secara otomatis kereta tersebut sudah mulai beroperasi secara komersial. Karena itu, selaku operator kereta akan mulai memberlakukan tarif normal sebesar Rp70 ribu.

Sebelumnya, pada tahap uji coba mulai 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018, perusahaan masih memberlakukan tarif sebesar Rp30 ribu untuk kereta bandara. Karena masa uji coba telah berakhir, maka tiket kereta bandara kembali lagi ke tarif normal. “Iya betul, tarif telah selesai hari ini,” papar Humas PT Railink, Diah Suryandari, Senin kemarin.

“Rencananya awal Rp30 ribu sampai hari ini (kemarin), kemudian setelah peresmian oleh Pak Joko Widodo, kami akan mematok tarif sebesar Rp70 ribu,” sambung Diah. “Berdasarkan yang kami terima, Pak Presiden memang masih dijadwalkan untuk meresmikan operasional kereta Bandara Soekarno-Hatta.”

Untuk tahap awal, kereta bandara akan melayani Sudirman Baru menuju Batu Ceper dan Bandara Soekarno-Hatta dengan durasi waktu 55 menit. Ke depannya, angkutan ini akan beroperasi dengan Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

“Meski perjalanan KA bandara dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) hanya berkisar 55 menit, namun kereta juga harus mengantisipasi waktu, terutama bagi mereka yang membeli tiket di stasiun, tidak melalui aplikasi atau website resmi Railink,” jelas Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto. “ harus menyesuaikan waktu dengan jam pemberangkatan pesawat.”

Sebagai titik keberangkatan kereta bandara, Stasiun Sudirman Baru memiliki tampilan yang terkesan mewah. Di lantai dua, disediakan ruang selesa atau lounge tempat para calon penumpang menanti waktu keberangkatan. Tersedia pula gerai-gerai makanan dan minimarket. Fasilitas lainnya yaitu toilet, musala, klinik, dan mesin check-in penerbangan mandiri.