Bikin Terminal Baru, KA Bandara Adi Soemarmo Rilis September 2019

Abdullah Usman, General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Adi Soemarmo - kadinjateng.com
Abdullah Usman, General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Adi Soemarmo - kadinjateng.com

Adi Soemarmo di Solo diharapkan dapat beroperasi pada bulan September 2019 mendatang. Ini seiring dengan pembangunan baru di tersebut yang diproyeksikan pada bulan Juli. Terminal baru ini sendiri merupakan terminal untuk pesawat domestik maupun internasional.

“Sama dengan terminal lama, luas terminal baru ini adalah 13.000 m2,” papar General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman. “Dengan adanya terminal baru ini, kami akan menambah 1 gate, dengan demikian nantinya akan ada sebanyak 4 gate. Diharapkan, terminal baru ini bisa mendongkrak karena didukung akses dari dan ke pintu tol yang sangat dekat hingga KA bandara.”

Pihaknya sendiri juga sudah melakukan lelang tenant di terminal baru tersebut. Dari total 33 tenant, PT Angkasa Pura I membuka 7 lebih dahulu untuk tahap awal sebagai tes pasar. Tenant ini sendiri terdiri dari makanan, minuman, fashion, kerajinan tangan, dan aneka oleh-oleh. Bahkan, ke depannya perusahaan membuka peluang kerja sama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga pelaku usaha lainnya.

“KA bandara diperkirakan bisa beroperasi pada September mendatang. Dengan begitu, aksesibilitas yang kian mudah ke bandara ini bakal mendongkrak jumlah penumpang,” sambung Usman. “Gerbang tol baru hanya berjarak ratusan meter dari bandara. Tentu ini sangat potensial karena nantinya bisa menarik penumpang calon jemaah umrah dari Semarang hingga sejumlah kota di Jawa Timur.”

Seiring dengan rencana pengoperasian KA Bandara Adi Soemarmo, pembangunan jalur dan Kadipiro di Sekip, Banjarsari, Solo juga sudah hampir rampung. Pembangunan tersebut saat ini telah mencapai 65 persen dan ditargetkan selesai pada bulan Agustus mendatang. Kadipiro sendiri berada di sebelah barat Palang Joglo dekat RSUD Ngipang.