Bulan Maret KAI Bakal Beri Layanan Kesehatan Gratis di Sumut Lewat Rail Clinic

Medan – Bulan Maret depan, (KAI) Divre I Sumatera Utara-Aceh akan mengoperasikan atau kereta khusus untuk memberikan pelayanan gratis pada masyarakat.

Menurut Manager Humas Divre I Sumut, M Ilud Siregar menuturkan bahwa rail clinic ini sengaja disiapkan untuk kegiatan bakti sosial dan memberi kesehatan untuk daerah-daerah yang jauh dari jangkauan umum, tak dapat dilewati kendaraan bermotor, hingga daerah bencana alam, terutama di wilayah Sumatera Utara.

“Sekarang masih dalam proses pengiriman dari Balai Yasa Yogyakarta sebanyak satu set yang terdiri dari dua unit kereta dilengkapi dengan lampu dan sirene mirip ambulans serta tanda palang merah. Mudah-mudahan Maret ini sampai dan program kesehatannya segera dijalankan,” papar Ilud.

Lebih lanjut Ilud menjelaskan, rail clinic tersebut memiliki beragam fasilitas kesehatan, misalnya saja alat pemeriksaan untuk mata, ruang pengobatan, apotek, dokter, dan juga perawatan. Terdapat beberapa layanan kesehatan yang disediakan, seperti poli mata, poli gigi, USG, pemeriksaan ibu hamil, dan masih banyak lagi.

“Kereta khusus kesehatan sudah beroperasi di wilayah Jawa Timur dan Palembang. Di Sumut, nantinya menjadi provinsi ketiga yang akan memiliki kereta itu,” ungkapnya.

Nantinya pelayanan kesehatan di rail clinic itu akan terus ditingkatkan dengan menggandeng pemerintah daerah. “Selain pelayanan kesehatan, nantinya kita juga memberikan penyuluhan kesehatan mengenai pola hidup bersih dan sehat, penyakit demam berdarah (DBD), kesehatan gigi, diabetes melitus, hipertensi, TBC, diare, dan HIV/AIDS serta sosialisasi keselamatan & keamanan jalur ,” katanya.

Sebelumnya, rail clinic sudah dioperasikan di Jakarta, Jawa Timur, dan Palembang sejak akhir 2015 lalu. Pada dasarnya rail clinic hampir sama seperti rangkaian kereta pada umumnya. Namun di dalamnya tidak ada kursi-kursi , melainkan peralatan medis di masing-masing ruangan yang tersekat.