Calo Tiket KA Gaya Baru Tertangkap di Stasiun Pasarsenen

– Miftahudin (24), seorang Gayabaru Malam Jakarta Kota – Surabaya, berhasil dibekuk ketika sedang melaksanakan praktik pencaloan di , Senin (18/11/2013).

Penangkapan beawak dari kecurigaan petugas terhadap gerak gerik pelaku. Petugas kemudian memantau gerak-gerik pelaku di area loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Ketika kemudian pelaku melakukan transaksi pada pukul 06.30 WIB, petugas dengan sigap langsung menangkap pelaku, beserta bukti tiket yang dijual.

Sukendar Mulya, Kepala Humas Daerah Operasional 1 Jakarta, mengatakan, pelaku melakukan praktik pencaloan tiket dengan cara mendekati calon yang hendak membeli tiket dan menawarkan jasa membelikan tiket di loket.

Dengan cara tersebut, pelaku dapat memeperoleh keuntungan karena menjual tiket lebih mahal dari tiket resmi. Pada saat tertangkap, pelaku menjual tiket KA Gaya Baru Malam dengan Rp 140.000, padahal tiket resmi yang dijual loket hanya Rp 55.000.

“Menurut data penjualan kami, sebenarnya tiket KA Gaya baru malam untuk Senin tanggal 18 Nopember 2013 masih tersedia di loket. Namun, kemungkinan calon penumpang kereta tersebut tidak ingin repot makanya dia terkena bujuk rayu di calo tiket,” ungkap Sukendar kepada okezone.com.

Setelah tertangkap, pelaku langsung diproses di Kantor Polda Metro Jaya untuk mempertanggungjawabkan aksinya tersebut. Sukendar menambahkan, pihaknya tidak akan memberikan peluang terhadap calo tiket yang dapat merugikan masyarakat, khususnya calon penumpang kereta api.

“Kami imbau kepada masyarakat agar tidak membeli tiket pada calo karena akan merugikan penumpang itu sendiri. Jika kedapatan penumpang membeli tiket pada calo maka tiket tersebut tidak berlaku. Penumpang dapat membeli tiket secara online digerai swalayan dan agen tiket lainnya,” tegasnya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur