Calon Pramugari Kereta Api dilatih ala Militer

Puluhan Calon Pramugara dan Pramugari ( Indonesia) tampak menjalani pelatihan ala di Rindam, Jaya, Condet, Jakarta Timur. Sebanyak 92 calon Pramugara dan Pramugari tersebut mendapat pelatihan untuk aspek fisik, mental, dan kedisiplinan langsung dari instruktur . Pelatihan yang telah berlangsung sejak 9 Maret 2015 lalu, rencananya akan dilaksanakan selama 12 hari hingga tanggal 20 Maret 2015 mendatang. Para calon Pramugara dan Pramugari tersebut telah direkrut terlebih dahulu oleh (RMU) sebagai anak perusahaan dari PT KAI. Rencananya, mereka akan ditempatkan pada sejumlah kereta api di berbagai rute.

Teguh Budiarto sebagai Direktur Utama PT RMU I mengatakan bahwa calon pramugari dan pramugra di Rindam Jaya tersebut tujuannya adalah untuk menumbuhkan budaya , tanggung jawab, dan kepemimpinan, serta membentuk kondisi fisik dan mental yang kuat dan diiringi oleh rasa kebangsaan dan cinta pada negara. ini bukan merupakan bagian dari upaya “Militerisasi” terhadap calon pramugara dan pramugari. Dalam program tersebut, para pramugara dan pramugari PT RMU akan di-gembleng secara fisik dan mental, selain itu mereka juga diharuskan untuk melewati halang rintang, papan gantung, tiarap, dan memanjat menggunakan tambang selayaknya calon anggota TNI.

Diana Rosalina selaku Manager Restaurant On Train mengatakan bahwa pelatihan bagi calon pramugara dan pramugari ini murni untuk meningkatkan kedisiplinan crew. “Juga meningkatkan dan standarisasi crew,” tambah Diana.

Meski demikian, sikap disiplin dan fisik yang prima dari seorang pramugara dan pramugari tidak boleh menghalangi mereka untuk tetap bersikap ramah, murah senyum, penuh semangat, dan mendahulukan kepentingan konsumen. “Selalu mendengarkan kebutuhan pelanggan dan memiliki bahasa tubuh yang baik. Selain itu (harus) menguasai produk, berbahasa yang halus, serta berpenampilan rapi,” rinci Diana.