Catat! Tiket Mudik Gratis dengan KA Lokal di Blitar Bisa Dipesan Sejak 2 Juni 2018

Kereta Api Lokal Blitar - news.detik.com
Kereta Api Lokal Blitar - news.detik.com

Blitar dengan lokal di Kota Blitar baru dimulai sejak tanggal 9-14 Juni 2018 mendatang. Namun masyarakat yang berminat untuk melakukan pemesanan KA mudik dengan kereta api lokal sudah dapat melakukannya sejak 2 Juni 2018 atau H-7 pemberangkatan.

“Pemesanan tiket mudik gratis kereta api bisa dilakukan H-7 pemberangkatan,” ujar Wakil Kepala Stasiun Kota Blitar, M Nur Ghozuli, Selasa (29/5), seperti dilansir Tribunnews.

Program mudik gratis tersebut hanya berlaku untuk kereta lokal. Setidaknya terdapat 2 kereta api lokal yang melayani mudik gratis di Stasiun Kota Blitar, yaitu, kereta api Penataran tujuan Blitar-Surabaya lewat Malang dan KA Dhoho tujuan Blitar-Surabaya lewat Kertosono. Tiket kereta mudik gratis tersebut dapat dibeli lewat stasiun yang dilalui oleh kereta api.

Tak cukup sampai di situ, (KAI) juga menyediakan balik gratis naik KA lokal yang dilaksanakan mulai 17-21 Juni 2018. Pemesanan tiket balik gratis juga dapat dilakukan 10 Juni 2018 atau H-7 pemberangkatan. “Sistem pemesanannya sama, H-7 pemberangkatan,” tuturnya.

Pada musim mudik tahun 2018 ini, Stasiun Blitar setidaknya mempersiapkan 1 kereta api tambahan, yakni KA Brantas Lebaran yang mulai beroperasi 5-26 Juni 2018. sengaja mengoperasikan kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang saat mudik. “Pemberangkatan dari Stasiun Malang dan Blitar tepatnya ya, untuk Bandung dan kita telah siapkan satu KA tambahan, yakni KA Brantas Lebaran dan tiketnya sudah dijual mulai sekarang,” beber Kepala Stasiun Blitar, Yana Hadiyana.

KA Lebaran Brantas dapat menampung hingga 880 penumpang dan sekaligus menambah 3 kereta reguler dari Stasiun Blitar. Sementara itu, untuk kereta jarak jauh hingga kini tiketnya masih tersedia walaupun jumlahnya terbatas. “Untuk relasi Bandung dan Jakarta, tiket arus mudik pada H-7 sampai H-1 masih ada walaupun tinggal sedikit. Sedangkan untuk arus balik dari H+1 sampai H+7 sudah terjual habis,” tandas Yana, seperti dilansir Detik.