Cek Lintas Dilakukan untuk Persiapan Jalur Jakarta – Sukabumi

PT Indonesia tengah sibuk mempersiapkan kembali untuk diaktifkannya jalur . Namun persiapan utama yang dilakukan adalah untuk jalur Bogor – . Persiapan ini dilakukan karena adanya instruksi untuk membuka kembali jalur tersebut. Persiapan awal dimulai dengan cek lintas yang dilakukan Daop I.

“PT KAI daerah operasional 1 (DAOP I), mulai hari ini sampai dengan tiga pekan ke depan sedang melakukan cek lintas,” kata Sukendar Mulya, Kepala Humas Daop I Jakarta kepada vivanews pada Selasa, 22 Oktober 2013.

Sukendar mengungkapkan cek lintas ini dilakukan untuk kajian teknis operasional dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelayakan jalur rel. Cek lintas ini dilakukan oleh tim teknis PT KAI untuk menilai kelayakan dari jalur rel Sukabumi – Bogor dengan panjang 57 kilometer.

“Ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan,” ujarnya.

Jalur lintas bogor ini pernah dilalui kereta api diesel (KRD) Bumi Geulis, Terakhir dilalui oleh kereta api dieel (KRD) Bumi Geulis. Terakhir dilalui kereta tersebut pada 15 Desember 2012. Sejak saat itu tidak pernah dilalui kereta kembali karena terhambat teknis operasional.

PT KAI menyiapkan rel tersebut untuk beberapa hal yaitu cek dan ricek jalur rel, bantalan rel, fasilitas , jembatan, drainase, tubuh ban, dan pintu perlintasan.

“Semuanya dilakukan agar pada waktunya berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali,” kata Sukendar.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.