Cikarang Dry Port Gandeng PT KAI untuk Kirim Kontainer

Cikarang Dry Port
(foto: jababeka.com)

JAKARTA – Cikarang Dry port (CDP) melakukan sinergi dengan bebrapa perusahaan operator pengangkutan untuk mengangkut dan menarik kontainer. Salah satunya adalah anak usaha (KAI) yang akan mengirim kontainer dari Cikarang ke Surabaya.

disiapkan oleh Jakalogistics kerjasama dan PT Logistik beroperasi sejak Juli 2012. Kita punya khusus di Surabaya sana. Untuk KA dari Jakarta ada 5 trip kita baru kebagian 1 trip. Waktu tempuh bisa jauh lebih singkat,” ungkap Benny Woenardi, Managing Directur di Menara Batavia, Jakarta, kemarin (10/7).

Dengan menggunakan kereta, proses pengiriman kontainer dari Jakarta menuju Surabaya lebih efisien dan cepat daripada menggunakan truk. Selain dapat menampung jumlah kontainer dalam jumlah yang banyak, perjalanan kereta juga hanya memakan waktu 20 jam saja.

“Pakai kereta itu hanya 20 jam kalau pakai truk itu bisa 3 hari itu dari Jakarta ke Surabaya,” kata Benny.

Selain layanan kereta api, CDP juga menggunakan truk untuk menarik kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok. Nantinya, kontainer ini akan di bongkar untuk kemudian dikirim kembali ke gudang pemilik isi kontainer dengan proses yang jauh lebih cepat.

“Kita gunakan truk untuk tarik kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok. Truk tersebut difasilitasi oleh operator kita yaitu . Sampai akhir tahun target kita bisa melayani 18.000-30.000 TEUs sekarang baru 9869 TEUs,” katanya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur