Ciptakan Revolusi Perkeretaapian, Menhub Jonan Dapat Penghargaan dari Perancis

Presiden Perancis Y.M Francois Hollande menganugerahkan tanda berupa lencana bintang  “Chevalier de la Legion d’Honneur” pada . Tanda penghargaan tersebut rencananya akan diberikan melalui perantara Duta Besar Perancis untuk Corinne Breuze di Kediaman Duta Besar Perancis di Jakarta, besok (19/2).

Penghargaan ini diberikan tak lain karena Pemerintah Perancis menganggap Menhub Jonan mampu melakukan hal yang tak biasa. Ignasius Jonan dianggap mampu memajukan dan memodernisasi perkeretaapian Indonesia ke arah yang lebih baik dalam waktu singkat.

“Kementerian Perhubungan sangat berterima kasih dan berbangga, karena penghargaan ini merupakan sebuah bentuk pengakuan Pemerintah Perancis atas kemajuan dan modernisasi perkeretaapian dan di Indonesia,” ujar J.A. Barata, Kepala Biro Komunikasi dan Publik Kemenhub, dalam keterangannya yang diterima media, pagi ini (18/2).

Lencana Bintang jasa “Legion d’Honneur” merupakan bintang jasa tinggi negara Perancis yang diciptakan oleh Napoleon Bonaparte pada tahun 1802 untuk menghormati jasa-jasa para pekerja sipil dan militer yang telah mengabdikan diri bagi kemajuan kehidupan di seluruh dunia.

Selain Menteri Jonan, ada beberapa tokoh dunia dengan berbagai profesi yang telah lebih dahulu menerima penghargaan ini, diantaranya penerbang pertama wanita berkebangsaan Amerika Amelia Mary Earthart, Railway Engineer asal Inggris Robert, politisi asal Myanmar Aung San Suu Kyi Ti, Kaisar Jepang Akihito, mantan Presiden Pilipina Corazon Aquino dan Fidel Ramos, Putra Mahkota Arab Saudi Nayef bin Abdul-Aziz Al Saud, mantan Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri Eksternal India Yashwant Sinha, dan masih banyak lagi.