Cuma Bayar Rp 3 Ribu, Kini Masyarakat Bisa Naik Kereta dari Cianjur ke Sukabumi

Masyarakat di sekitar Cianjur dan dalam waktu dekat akan menikmati terbaru di rute tersebut. Pasalnya, PT KAI akan segera mengoperasikan angkutan perintis KA di jalur Cianjur-Sukabumi sepanjang 38,6 kilometer tersebut. Nantinya, KA akan melintas dari Stasiun Cianjur, menuju ke Cilaku, Cibeber, Lampengan, Cireungas, dan Stasiun Gandasoli.

Guna meningkatkan prasarana di relasi Cianjur-Sukabumi, Kementerian Perhubungan dalam keterangan tertulisnya mengaku telah melakukan beberapa perbaikan. Diantaranya perbaikan jalan KA antara Stasiun Lampengan-Cibeber yang longsor, serta penggantian bantalan rel kayu menjadi besi sepanjang 21,6 km di antara Stasiun Lampengan-Cibeber.

“Manteling dinding , peningkatan , penanganan longsor dengan Retaining Wall Beton, dan penanggulangan badan jalan KA yang longsor akibat erosi aliran sungai,” ungkap JA Barata, Kepala Biro dan Publik dalam keterangan tertulisnya, pagi ini (17/2).

Sebelumnya, PT KAI ditunjuk sebagai operator angkutan perintis kereta api pada relasi Cianjur-Sukabumi dengan nilai kontrak sebesar Rp 9,5 Miliar. Kontrak ini akan berlaku selama 8 bulan, yakni terhitung sejak 1 Januari – 31 Agustus 2016.

“Melalui penunjukan ini, perjalanan Cianjur–Sukabumi dan sebaliknya hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 dari tarif semula sebesar Rp 10.000,” tulis JA Barata.

Jalur angkutan perintis KA Siliwangi ini dijadwalkan akan diresmikan pada hari Jumat mendatang (19/2) oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. KA Siliwangi rencananya akan beroperasi 3 kali dalam sehari dengan kapasitas sebanyak 472 penumpang.