Daftar Alamat Stasiun Kereta Api di Surabaya

Surabaya sebagai kota metropolitan ke-2 di Indonesia dan Ibukota dari Propinsi Jawa Timur memiliki sedikitnya 7 stasiun yang masih berstatus aktif. Stasiun tersebut diantaranya adalah stasiun Stasiun Gubeng (SGU), Stasiun Pasar Turi (SBI), Stasiun Semut / Surabaya Kota (SB), Stasiun Wonokromo (WO), Stasiun Tandes (TES), Stasiun Kandangan (KDA), dan Stasiun Benowo (BNW). Ke-7 stasiun ini beroperasi di bawah pengawasan PT Indonesia Daerah Operasional VIII Jawa Timur.

Berikut alamat dari masing-masing Stasiun KA di kota Surabaya :

  1. Stasiun Gubeng (SGU)
    Jl. Gubeng Masjid 1, Pacarkeling, Tambaksari, Surabaya
  2. Stasiun Pasar Turi (SBI)
    Jl. Semarang 1, Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya
  3. Stasiun Surabaya Kota / Semut (SB)
    Jl. Stasiun 9, Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya
  4. Stasiun Wonokromo (WO)
    Jl. Stasiun Wonokromo 1, Jagir, Wonokromo, Surabaya
  5. Stasiun Tandes (TES)
    Jl. Raya Tanjung Sari No. 22 Surabaya, Tandes Lor, Tandes, Surabaya
  6. Stasiun Kandangan (KDA)
    Kelurahan Banjarsugihan, Kecamatan Tandes, Surabaya
  7. Stasiun Benowo (BNW)
    Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Surabaya

Disamping tujuh stasiun tersebut, PT KAI juga menempatkan beberapa shelter untuk fasilitas pendukung kereta api komuter, diantaranya yang berada di Menanggal, Jemursari, Ngagel, dan Margosari.

Stasiun Gubeng (SGU) merupakan stasiun terbesar di kota Surabaya dan terletak di ketinggian +5 mdpl. Stasiun ini melayani perjalanan kereta api dari dan menuju kota Surabaya melalui jalur lintas selatan. Beberapa nama kereta yang melintas di Stasiun Gubeng diantaranya adalah KA Argo Wilis, KA Bangunkarta, KA Bima KA Gaya Baru Malam, , KA Logawa, , KA Mutiara Selatan, KA Pasundan, , , , KA Sancaka, , , , KA Turangga, KA komuter Arjuna Ekspres, KA komuter Delta Ekspres, , dan KRD Kertosono.

Stasiun selanjutnya yang juga terhitung cukup besar di Surabaya adalah Stasiun Pasar Turi (SBI). Stasiun ini berada di ketinggian +1 mdpl dan menjadi stasiun dengan letak terendah di Daop VIII Surabaya. Melalui 8 jalur lintasan yang dimilikinya, Stasiun Pasar Turi menjadi persinggahan kereta api lintas utara. Beberapa kereta api yang melintas di stasiun ini diantaranya adalah KA Argo Bromo Anggrek, KA Cepu Ekspres, KA Gumarang, , KA Jayabaya, KA Kertajaya, KA Maharani, KA Sembrani, KRD Bojonegoro, dan KA Komuter Surabaya-Lamongan (SuLam).

Stasiun selanjutnya adalah Stasiun Surabaya Kota (SB), atau yang lebih populer dengan sebutan Stasiun Semut. Stasiun ini kini praktis hanya menjadi langsiran KA jarak menengah dan jauh dan kereta ekonomi jarak dekat (lokal dan komuter) sejak mayoritas keberangkatan KA dipindahkan ke stasiun Gubeng. Beberapa kereta yang melintas di Stasiun Semut diantaranya adalah KA Penataran, KA Probowangi, KA Rapih Dhoho, KRD Kertosono, KA Delta Ekspres, dan KA Arjuna Ekspres.