Daftar Kereta-Kereta Tercepat Di Indonesia

Perkeretaapian mungkin belum mampu untuk memiliki api supercepat layaknya ‘Shinkansen’ di Jepang atau ‘TGV’ di Prancis. Tetapi dengan teknologi dan sarana yang masih terbatas, Indonesia tergolong cukup beruntung karena memiliki api yang bisa beroperasi dengan kecepatan yang mumpuni.

Untuk kereta tercepat di dunia saat ini masih dimiliki Jepang dan Jerman yang banyak memiliki sarana super cepat. Bagaimana dengan Indonesia? Apa kereta tercepat yang ada di Indonesia?

Salah satu kabar yang cukup menarik yaitu adanya Proyek Kereta Api Trans Sulawesi yang nantinya diproyeksikan akan menjadi kereta api tercepat yang ada di Indonesia. Kereta tersebut disebut memiliki kecepatan operasional maksimal 200 km/jam. Sementara kereta api yang ada saat di Indonesia rata-rata hanya memiliki kecepatan maksimal 100 km/jam.

Proyek Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3Ei) yang diperkirakan terealisasi tahun 2017 ini rencananya akan dibangun sepanjang 145 km dan memiliki 23 . Selain cepat, kereta yang akan hadir di Makassar juga akan memiliki daya muat kereta api lebih besar ketimbang yang ada di pulau Jawa.

Namun untuk saat ini, kereta tercepat di Indonesia masih dimiliki oleh kereta jenis Argo yang dioperasikan PT.KAI. Diantara yang tercepat yaitu kereta . KA merupakan kereta api tercepat, ternyaman, dan bergengsi di seluruh Indonesia dan merupakan kebanggaan Daop VIII Surabaya. Kereta api ini menempuh sejauh 720 km selama 9,5 jam. KA dengan kapasitas 350 dengan membawa 7 rangkaian kereta kelas eksekutif . dapat mencapai kecepatan 120km/jam

Sembari menanti terealisasinya kereta trans-Sulawesi sebagai kereta tercepat di Indonesia, berikut kami sajikan daftar 8 kereta api cepat kelas Argo di Indonesia yang  dikutip dari situs resmi .

Kereta api Jarak Waktu
Argo Wilis (Bandung-Surabaya) 699 km 11 jam
Argo Sindoro (Gambir-Semarang) 445 km 5 jam 30 menit
Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) 173 km 3 jam
Argo Muria (Gambir-Semarang) 445 km 5 jam 30 menit
Argo Lawu (Solo-Gambir) 576 km tujuh jam 30 menit
Argo Jati (Gambir-Cirebon) 219 km 3 jam
Argo Dwipangga (Gambir-Solo) 576 km 8 jam
Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) 725 km 9.5 jam

Kereta- Argo akan melayani perjalanan Anda antar kota-kota di Pulau Jawa. Selain menjadi kereta tercepat di Indonesia, kereta api Argo juga menyediakan pelayanan yang aman dan nyaman. Dengan semakin berkembangnya perkeretaapian di Indonesia, bukan tidak mungkin suatu saat Indonesia juga akan memiliki kereta api supercepat seperti wacana-wacana yang mengemuka beberapa waktu silam.