DAOP 8 Akan Gusur Semua Bangunan Liar Di Stasiun Kotalama Malang

– Rumah-rumah liar di sekitar Kotalama, Malang digusur. Pagi tadi para petugas Daop 8 Surabaya mengeksekusi rumah liar tersebut. Eksekusi ini dilakukan karena rumah – rumah tersebut tidak mengantongi izin dari PT.KAI. rumah liar ini bertujuan untuk menormalisasikan jalur lintasan . Rumah – rumah liar ini dirasa sangat mengganggu aktivitas di .

Rumah-rumah liar tersebut berada di jalur 7 dan 8 Stasiun Kotalama. Banyaknya bangunan rumah yang akan digusur adalah 64 rumah. Rumah liar ini dibangun diatas tanah milik PT.KAI dan tidak memiliki izin bangunan.

Pihak PT KAI menegaskan bahwa tidak akan ada ganti rugi atas penggusuran rumah liar ini. PT.KAI berhak menggusur rumah liar ini karena kawasan tersebut adalah aset PT.KAI.

Penertiban bangunan liar di Stasiun Kotalama oleh petugas DAOP VIII (foto:MalangOnline.com)
Penertiban bangunan liar di Stasiun Kotalama oleh petugas DAOP VIII (foto:MalangOnline.com)

“Luas sekitar 4 hektar. Mereka tak berizin tinggal disini,” ungkap Humas Daops 8 Surabaya Sumarsono kepada Detik.com.

Target PT KAI untuk menyelesaian eksekusi ini sebelum bulan puasa tiba. Para warga pemilik rumah liar diingatkan agar segera mengosongkan tempat tersebut sebelum bulan puasa.

Salah seorang warga mengaku bahwa dia sudah tinggal di wilayah tersebut sejak tahun 1970 dan telah mendapatkan ijin dari kepala stasiun. Atas izin inilah dia lantas mendirikan rumah di lahan sekitar Stasiun Kotalama.

“Dulu ada izin dan kami bayar sewa kepada kepala stasiun,” klaim Sri (55), salah seorang warga.[MP/KAI]

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.