Dari Membeli Commet Hingga Keluar dari Stasiun Tujuan

model e-ticketing di pintu masuk peron di Staiun Jakarta Kota, Jakarta Barat
sumber: detikcom

Jakarta – PT KCJ telah menetapkan sistem e-ticketing dan progresif mulai 1 Juli 2013 kemarin. progresif ini berdasarkan jarak yang ditempuh. Sistem e-ticketing dan juga progresif ini mengacu pada model perkeretaapian negara maju seperti Singapura.

Hingga saat ini meskipun sudah dilakukan sosialisasi tetap saja masih banyak para yang bingung bagaimana cara menggunakan sistem ini. Mari kita ulas bagaimana cara pembelian dan penggunaan e-ticketing. Mulai dari kita membeli hingga turun dan sampai tujuan.

Berdasarkan liputan detikFinace Selasa, 02 Juli 2013 berikut adalah cara-cara yang harus dilalui para penumpang.

Saat pengguna commuter line sudah sampai di , hal pertama yang dilakukan adalah mengantri untuk membeli elektronik atau . ini digunakan untuk satu kali atau single trip.

Setelah itu penumpang mengatakan stasiun tujuan, maka petugas akan memberitahu berapa harga tarifnya, lalu penumpang membayar. Setelah itu penumpang akan mendapatkan commet.

Hal pertama yang harus dilakukan telah selesai, selanjutnya penumpang harus memilih stasiun tujuan. Untuk pengguna single trip jangan turun di stasiun melebihi tarif yang telah dibayarkan sebelumnya.

Bagi pengguna kartu multi trip, tidak perlu antri diloket. Saat datang langsung menempelkan kartunya pada mesin dan tunggu hingga berwarna hijau lalu masuk ke stasiun. Kartu Multi Trip ini seharga Rp50.000 dengan saldo Rp30.000. Kartu ini bisa digunakan hingga saldo minimal Rp 7.000.

Untuk pengguna single trip setelah dapat commet bisa langsung melakukan tap pada alat seperti pengguna kartu multi trip.

Setelah masuk, tunggu hingga kereta anda datang. Setelah datang anda masuk, tunggu hingga kereta sampai pada stasiun tujuan anda.

Saat sudah di stasiun tujuan, penumpang yang membeli kartu single trip langsung memasukkan kartu pada bagian kartu pada pintu otomatis (gate out). Bagi penumpang yang turun di stasiun tidak sesuai yang dibayar pada awal membeli kartu, tidak akan bisa keluar dari stasiun. Para penumpang harus membayar denda terlebih dahulu.

Untuk pengguna multi trip cukup menempelkan pada pintu otomatis, dan saldo anda akan berkurang dengan sendiri. Tetapi jangan sekali – kali memasukkannya pada bagian kartu gate out. Karena kartu multi trip akan tertelan dan hangus.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.