Demi Keamanan, PT KAI Pasang CCTV di Stasiun

BANYUMAS – Selama event 2013, mengantisipasi aksi kriminalitas dan teror serta kenyamanan pemudik dengan memasang di . Kamera CCTV yang dipasang disetiap ini dipasang untuk membantu memonitor gerak-gerik orang yang mencurigakan.

“Seluruh aktivitas di lingkungan stasiun akan terpantau petugas selama 24 jam. Jika diketahui ada aktivitas atau benda mencurigakan melalui pantauan kamera cctv, petugas pemantau akan segera berkoordinasi dengan petugas kemanan lainnya,” kata Surono, Manager Humas Purwokerto, Rabu (7/8/2013).

Surono mengatakan, selain memasang CCTV di stasiun, PT KAI juga menghimbau untuk menjaga barang bawaannya masing-masing. diminta waspada ketika berada di stasiun maupun di dalam . Bila petugas menemukan barang yang tidak dijaga pemiliknya, maka akan langsung diserahkan kepada aparat keamanan.

“Ini semata- mata untuk mengantisipasi aksi teror yang akhir- akhir ini kembali terjadi,” imbuhnya.

PT KAI juga telah menyiapkan para petugas untuk memeriksa barang bawaan penumpang menggunakan metal detector ketika memasuki pintu boarding di stasiun. Dengan begitu, semua barang yang dilarang dalam pengangkutan barang menurut undang-undang, akan dapat diamankan sebelum memasuki kereta.

Selain pemasangan CCTV di stasiun, PT KAI juga melakukan pengawalan selama perjalanan KA hingga sampai di tujuan. Setiap KA akan dikawal oleh dua personel dari Brimob, dua personel Polsuska serta Security.

“Petugas pengawalan KA akan selalu bergerak melakukan pengawasan diseluruh penumpang selama perjalanan,” jelasnya.

Dengan antisipasi yang telah dilakukan oleh PT KAI, diharapkan keamanan dan kenyamanan pemudik yang menggunakan api selama angkutan lebaran dapat lebih terjamin.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur