Desain Gerbong Kereta Unik untuk Tarik Wisatawan

Beberapa perusahaan kereta kini mulai kreatif menghias kereta untuk menarik minat para wisatawan maupun pada umumnya. Hanya dengan gambar yang menarik hingga desain interior kereta unik mulai bermunculan.

Desain gerbong kereta unik tersebut, diantaranya adalah:

Gerbong ala Istana Versailles,

gerbong ala istana Versailles
Gerbong ala Istana Versailles (foto: detik.com)

Kemegahan dan keindahan arsitektur Istana Versailles di Paris, Prancis, merupakan inspirasi bagi desainer untuk memberikan dekorasi unik pada kereta Commuter Train RER. Dengan arsitekturnya, banyak wisatawan yang tersihir dan tertarik untuk menikmati keindahan gerbong kereta.

Comuter Train RER jalur C merupakan alat yang berangkat dari pusat Kota Paris menuju Istana Versailles.Gerbong kereta ini, di desain dengan arsitektur yang mirip Istana Versailles. Mulai dari pintu gerbong yang dihiasi patung, hingga warna emas dan merah yang mendomnasi warna bangku dan dinding gerbong. Selain pintu, bangku, dan dinding, langit-langit gerbong kereta ini juga dihiasi walpaper bergambar langit-langit Versailles.

Seakan membawa Versailles kedalam gerbong kereta, suasana nyaman benar-benar menjadi fasilitas gerbong ini, para penumpang seakan berada di dalam istana. Salah satu gerbong juga dilapisis plastik dengan gambar perpustakaan Versailles.Bahkan, terdapat gerbong yang didesain layaknya Hall of Mirrors, Gallery of Battles, dan kebun bunga Marie-Antoinette.

Gerbong Batik, Indonesia

gerbong batik kereta sancaka
Gerbong Batik Indonesia (foto: detik.com)

Jika Prancis memboyong Istana Versailles kedalam kereta, Indonesia mendesain gerbongnya dengan sentuhan batik. Gerbong dengan interior batik tersebut diluncurkan pad 27 dan 28 Juli 2013 lalu.

Dalam dua hari, PT KAI meluncurkan dua kereta dengan gerbong batik. Kereta tersebut adalah KA Sancaka rute Yogyakarta-Surabaya dan KA Gajayana rute Malang-Jakarta. Gerbong kereta unik ini digunakan sebagai gerbong makan atau restoran.

Gerbong KA Sancaka dihiasi batik dengan motif sederhana dam perpaduan warna merah, kuning, serta putih. Sedangkan KA Gajayana, memoles gerbongnya dengan batik warna ungu dan putih. batik yang digunakan untuk kedua gerbong adalah Bekisar dan Truntum yang merupakan motif khas pesisir.

Dengan gerbong batiknya, tentu saja menarik perhatian wisaawan, tidak sedikit wisatawan yang berfoto di depan gerbong sebagai kenang-kenangan.

Gerbong Manga dan Anime,

gerbong kartun kereta jepang
Gerbong Gambar Kartun (foto: beritamuu.blogspot.com)

Jepang yang memang terkenal dengan manga dan animenya, mengusung tema ini untuk menghiasi gerbong kereta. Desain manga dan anime dipilih untuk menarik wisatawan agar datang ke Jepang.

Kereta yang melalui Semenanjung Izu yang sering disebut sebagai Izu Kyuko ini dihiasi dengan karakter manga atau anime yang sedang populer di televisi. Tidak hanya interior, bagian luar gerbong, bahkan kursi penumpang berhiaskan gambar tokoh manga. Bahkan yang lebih unik, pwnumpang juga bisa mendengar pengumuman dengan suara tokoh utama manga atau anime.

Kini, hampir seluruh perusahaan kereta di Jepang, seperti The West Japan Railway, Hokkaido Railway, serta Shinano Railway menghiasi keretanya dengan gmabr tokoh kartun Jepang. Mereka kebanyakan menghias kereta dengan karakter manga dengan rating tertinggi di televisi.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur