Dilempari Petasan, Penumpang KA Prameks Ketakutan

Kereta-api.info – Selasa pagi (21/6), jurusan Solo-Yogyakarta dijadikan sasaran petasan oleh orang tak dikenal. Kejadian tersebut berlangsung hanya selang beberapa menit setelah kereta berjalan dari kawasan Gawok, Gatak, Sukoharjo.

Kejadian berlangsung sangat cepat serta dalam kondisi jalanan yang masih gelap, sehingga tidak dapat diketahui berapa jumlah orang yang melakukan aksi pelemparan petasan tersebut. Saat tiba di Stasiun Purwosari, para pun segera melaporkan kejadian tersebut agar segera ditindak lanjuti oleh petugas.

“Petasan yang dilempar dari luar ada yang masuk ke dalam melalui jendela dan langsung meledak. Penumpang kaget dan takut,” terang Nikko Auglandy, salah seorang penumpang kereta Prameks, yang lantas menyampaikan dugaaanya bahwa aksi pelemparan petasan ke kereta api tidak hanya sekali ini terjadi.

Saat dikonfirmasi, Corporate Communication Manager (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta Eko Budiyanto berjanji akan menindaklanjuti keluhan penumpang terkait aksi pelemparan petasan ke gerbong kereta. Dari hasil laporan sementara, pelaku pelemparan adalah anak-anak yang iseng bermain petasan di pinggiran kereta.

Pengakuan Eko, aksi pelemparan petasan ke kereta sebelumnya juga pernah terjadi di Jembatan Progo, Kulonprogo, Yogyakarta.

“Pelamparan petasan ke kereta tidak bisa dibiarkan karena dapat mengancam keselamatan penumpang. Kami berharap aparat kepolisian ikut menindaklanjuti kasus ini,” ujarnya.