Diuji Coba Juni 2019, Tarif LRT Jabodebek Dipatok Rp 12 Ribu

LRT Jabodebek - www.merdeka.com
LRT Jabodebek - www.merdeka.com

Jakarta – PT Adhi Karya Tbk mengumumkan rencana untuk melakukan uji coba perdana Jabodebek pada bulan Juni 2019 mendatang. Uji coba perdana Jabodebek ini akan dilakukan untuk lintas Cibubur-Cawang.

“Pada Juni kita akan uji coba pertama yang dipesan dari INKA. Mungkin akan uji coba dari Cibubur ke Ciracas misalnya,” kata Direktur Operasional II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata di Jakarta, Jumat (15/2), seperti dilansir Merdeka.

Hingga kini konstruksi ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek baru mencapai 58% dan baru resmi beroperasi pada April 2021 mendatang. LRT Jabodebek dijadwalkan testing dan commissioning pada Maret 2021, baru kemudian beroperasi secara penuh pada April 2021.

Sementara itu, (KAI) memastikan jika LRT Jabodebek nantinya akan dipatok sebesar Rp 12.000. tersebut kabarnya telah disesuaikan dengan tarif keekonomian dan subsidi yang rencananya bakal diberikan oleh .

Menurut Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI John Roberto, tarif LRT sebenarnya akan dibanderol Rp 30 ribu bisa dihitung berdasar tingkat keekonomian. Tetapi rencananya pemerintah juga akan memberi subsidi sebesar Rp 18 ribu per . “Jadi pemerintah itu melihat sebetulnya masyarakat mampu Rp 12 ribu, sehingga ditetapkan sejak awal bahwa itu Rp 12 ribu,” kata John, Jumat (15/2), seperti dilansir CNNIndonesia.

Dengan penetapan tarif sebesar Rp 12 ribu, John juga mengharapkan permintaan LRT juga bisa meningkat. Berdasarkan hasil kajiannya, dengan tarif Rp 12 ribu diharapkan mampu mendatangkan sebanyak 500 ribu orang pada masa-masa puncak atau peak hour selama 8 jam sehari. Disediakannya 6 gerbong per 1 set rangkaian juga diyakini dapat mengangkut 750-1.200 orang dalam sekali perjalanan.

Kemungkinan tiket LRT kelak juga dapat diintegrasikan dengan Kartu Multi Trip (KMT) bagi commuter line yang disediakan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). “Kami sudah bicarakan dengan KCI tentang hal itu, Pasti bisa, karena kami masih punya waktu kira-kira setahun sebelum LRT beroperasi di Maret 2021,” bebernya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*