Dongkrak Pariwisata, PT KAI Bakal Bangun Jalur Kereta di Danau Toba

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro - detak.co
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro - detak.co

Jakarta – Danau Toba saat ini terus dikembangkan untuk menjadi salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Oleh sebab itu yang ada di kawasan Danau Toba pun akan terus dikembangkan, termasuk .

mengusulkan agar pihak (KAI) membuka jalur kereta api dari Kualanamu ke Danau Toba. “Jadi kita diusulkan ada kereta dari Kualanamu masuk ke Araskabu, Medan, hingga ke Danau Toba,” ujar Direktur Utama , Edi Sukmoro di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (3/2).

Edi mengungkapkan bahwa sekarang telah ada jalur kereta eksisting yang sampai ke daerah Pematang Siantar, demikian juga dengan jalur kereta dari Pematang Siantar ke Danau Toba. Oleh karena itu, eksisting akan diupayakan untuk disambung agar dapat menunjang sektor pariwisata di Danau Toba. Jalur kereta yang sudah ada tersebut panjangnya mencapai 42 km.

“Jadi dari Kualanamu ke Araskabu ke Siantar ada, Siantar danau Toba-nya yang belum,” jelas Edi. Untuk merealisasikan tersebut, pihak KAI saat ini masih melakukan berbagai kajian agar dapat mengetahui secara pasti kebutuhan lahan dan kendala yang mungkin akan dihadapi selama jalur kereta Bandara Kualanamu-Danau Toba tersebut.

Edi menjanjikan kajian lebih detail seputar efektivitas kereta, biaya, total waktu tempuh, dan sebagainya akan dilakukan dalam waktu dekat. “Untuk mendetailkan, karena berkaitan dengan tanah, maka akan dilihat berapa dan seperti apa kebutuhannya,” tandas Edi Sukmoro.