Edutrain Goes to Malang, KAI Daop 8 Surabaya Ajak Anak-Anak Rekreasi Gratis Naik KA Mutiara Selatan

Suryawan Putra Hia, Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya - swa.co.id
Suryawan Putra Hia, Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya - swa.co.id

Surabaya (KAI) Daop 8 Surabaya berupaya untuk memberikan edukasi terhadap anak-anak tentang perkeretaapian. Pada Rabu (10/7) lalu sebanyak 130 siswa TPQ Nur Mudrikah Surabaya dan Pondok Pesantren Al Baiad Surabaya diajak berekreasi naik KA Mutiara Selatan (KA 112) dari Surabaya Gubeng ke Malang lewat program bertajuk Edutrain Goes to Malang.

Menurut Executive Vice President Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia, acara Edutrain Goes to Malang ini sekaligus menjadi sarana terhadap peningkatan di KA Mutiara Selatan relasi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung pergi pulang (PP) yang saat ini sudah beroperasi menggunakan rangkaian gerbong baru.

“Mereka kami ajak bertamasya mengunjungi tempat wisata bernuansa edukasi seperti Museum Angkut di Malang,” kata Suryawan, Rabu (10/7), seperti dilansir Beritalima. “Dengan adanya kegiatan Edutrain Goes To Malang ini dapat menumbuhkan kecintaan di kalangan generasi muda terhadap massal berbasis rel ini,” sambungnya.

Dengan demikian, kelak generasi muda diharapkan lebih mengetahui sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia. “Sehingga bisa tertanam rasa mencintai akan transportasi massal di kalangan generasi penerus, sekaligus menjadi pangsa potensi pelanggan setia nantinya,” ungkap Suryawan.

Rombongan anak-anak tersebut berangkat menggunakan KA Mutiara Selatan (KA 112) dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.20 WIB, dan tiba di Stasiun Malang jam 09.38 WIB. Di sepanjang , para peserta dikenalkan mengenai sejarah dan seluk-beluk transportasi . Sebagai informasi, sejak 1 April 2019 lalu rangkaian gerbong KA Mutiara Selatan relasi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung telah diganti dengan gerbong kereta baru jenis stainless steel buatan PT INKA.

Manager Humas PT KAI Daops 8 Surabaya, Suprapto pun menambahkan bahwa program edutrain semacam ini merupakan yang ketiga kalinya digelar oleh PT KAI. Sebelumnya pihaknya telah melibatkan para siswa SMA dan SD dalam program edutrain. “Nanti kita juga akan mengajak anak-anak dari Malang untuk mengikuti kegiatan serupa, rutenya dari Malang ke Surabaya. Anak-anak ini juga akan diajak ke sejumlah tempat wisata di Surabaya,” tutup Suprapto.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*