Elevated Loopline Mulai Dikaji oleh Bappenas

ilustrasi elevated loopline
ilustrasi

– Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) sedang lakukan pengkajian tentang rencana proyek pembangunan rel (KA) melayang atau elevated loopline. Proyek elevated loopline  ini akan di laksanakan di wilayah Jakarta. Pernyataan tentang pengkajian oleh Bappenas in disampaikan oleh Kementrian Perhubungan.

“Apakah dilakukan sebagian, di sisi timur dari loopline saja, atau seluruh loopline dibuat elevated,”jelas Tundjung Inderawan, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan kepada Tempo, Senin, 20 Agustus 2013.

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya juga merekomendasikan kepada pihak Bappenas bahwa berharap semua jalur akan dibuat elevated loopline.

Didalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2014, pihak Direktorat Jenderal mengusulkan dana sebesar Rp 700 miliar untuk tahap pertama pembuatan proyek elevated loopline ini.

Tundjung menjelaskan bahwa membangun proyek ini sepenuhnya menggunakan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pelaksanaan mulai tahun anggaran 2014 dengan metode design and build,” tuturnya.

Pembangunan ini nantinya direalisasikan dalam program multiyears. Pembangunan ini diharapkan akan selesai dalam jangka waktu 5 tahun

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.