Fitur Train Seat Alert di Traveloka Bantu Anda Dapatkan Kursi Kosong di Kereta

Penumpang Kereta Api - www.viva.co.id
Penumpang Kereta Api - www.viva.co.id

– Memesan menjelang musim memang cukup menantang, selain harus berebut dengan ribuan orang yang juga membeli tiket untuk yang sama, calon juga harus bersiap menghadapi risiko apabila kehabisan tiket kereta. Akan tetapi kekhawatiran itu tampaknya bisa sedikit berkurang dengan adanya fitur terbaru dari Traveloka, yakni Train Seat Alert.

Fitur baru Train Seat Alert ini akan memudahkan pengguna untuk mengetahui apabila ada konsumen lain yang membatalkan pemesanan tiket kereta api yang sudah dilakukan secara online di Traveloka. “Train Seat Alert ini solusi untuk tahu kalau ada penumpang yang membatalkan kursi tersebut, dan sekarang tersedia,” ujar Vice President of Marketing Traveloka, Kurnia Rosyda, di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12), seperti dilansir Viva.

Agar dapat mengaktifkan notifikasi atau pemberitahuan tersebut, pengguna tinggal membuka menu ‘Train’ atau kereta api, kemudian klik ikon bergambar lonceng di pojok kanan atas, tambahkan yang diinginkan agar memperoleh notif bila ada kursi kosong yang sebelumnya sudah dinyatakan penuh. “Kalau ada notifikasi pembatalan sesuai rute yang diatur, pengguna bisa segera membeli tiket dari pembatalan tersebut,” ucap Kurnia. Tetapi kursi itu hanya dapat diklaim maksimal H-1 keberangkatan.

Lebih lanjut Kurnia mengungkapkan bahwa fitur itu hanya sebatas memberikan informasi apabila terdapat kursi kosong yang dibatalkan dalam perjalanan yang direncanakan, belum untuk keperluan tiket yang dibatalkan secara tiba-tiba untuk keberangkatan pada hari yang sama. “Sebenarnya (fitur) untuk keperluan yang sangat useful saat high season yang terencana,” paparnya.

Bukan hanya Train Seat Alert saja, Traveloka pun memperkenalkan 2 fitur baru lainnya seperti Status Penerbangan dan Pay Later. Status Penerbangan memudahkan pengguna untuk memantau jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat. Dengan demikian, pengguna bisa mengecek langsung status penerbangannya secara real time.

Sedangkan Pay Later adalah fitur yang memungkinkan pengguna mencicil dana liburan dengan melakukan pinjaman untuk memesan tiket perjalanan, hotel, atau lain di Traveloka. Minimal untuk pembelian tiket dalam fitur Pay Later adalah Rp 50 ribu dengan jumlah pinjaman antara Rp 2-10 juta. Pilihan tenor angsuran atau cicilan yang tersedia mulai 1 bulan, 3 bulan, hingga 12 bulan.