Ganti Sistem Persinyalan, Jadwal KA dan KRL Bisa Molor Rabu Esok

Senior Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto - news.akurat.co

JAKARTA – Bagi Anda para pengguna moda listrik (KRL) maupun di kawasan Jakarta dan sekitarnya, sebaiknya Anda mulai menyusun ulang keberangkatan Anda. Pasalnya, pada Rabu (7/6) esok, () DAOP I Jakarta berencana melakukan pergantian persinyalan yang kemungkinan dapat mengganggu jadwal KRL dan KA di wilayah tersebut.

“Pergantian sinyal ini akan dilakukan pada Rabu mendatang mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB,” jelas Senior Manager PT KAI DAOP I Jakarta, Soeprapto. “Sistem persinyalan yang diganti dari Solid State Interlocking (SSI) yang sudah bertugas mulai tahun 1994, menjadi sistem persinyalan Kyosan K5B buatan Jepang.”

Menurutnya, penggunaan sistem persinyalan baru ini sudah harus segera dilakukan agar kereta api di wilayah PT KAI DAOP I Jakarta yang berjumlah total 1.229 per hari, bisa semakin lancar dan tepat waktu. Sistem persinyalan yang berfungsi mengatur kereta api tersebut dilakukan mulai dari Cakung hingga Cikarang.

“Banyak keunggulan dari penggunaan sistem persinyalan baru ini, salah satunya menambah kelancaran perjalanan kereta api sekaligus dapat menambah beban kapasitas lintas,” sambung Soeprapto. “Selain itu, juga bisa menjamin dari segi keamanan alat-alat persinyalan yang penempatan modulnya bisa bersatu dalam suatu bangunan gedung.”

Pihaknya berharap agar pekerjaan tersebut bisa berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan sehingga perjalanan kereta api yang melintasi wilayah ini tidak terganggu. Meski demikian, Soeprapto tidak bisa memastikan tidak ada gangguan jadwal KA atau KRL pada Rabu mendatang. “Pengguna jasa kereta api yang melintasi wilayah Stasiun Cakung hingga Stasiun Cikarang diimbau agar bisa menyesuaikan jadwal kegiatannya dengan hal ini,” tutupnya.