H+1 Imlek, Penumpang Kereta di Sumatera Utara Tembus 30 Ribu Orang

Medan – Liburan Imlek tahun 2017 ini, moda di wilayah operasi Divisi Regional Sumatera Utara (DIVRE I Sumut) melonjak sekitar 20 persen dibandingkan periode yang sama pada liburan hari biasa. Hingga Minggu (29/1) siang kemarin, jumlah penumpang di daerah ini mencapai angka 30.296 orang.

“Hingga H+1 Imlek tahun ini, penumpang masih memadati -stasiun di wilayah operasi kami,” ujar Manager Humas PT Kereta Api Indonesia () DIVRE I Sumut-Aceh, Joni Martinus. “Diprediksi, jumlah tersebut akan terus meningkat hingga Senin (30/1).”

Ditambahkan Joni, destinasi atau daerah tujuan yang paling banyak diminati penumpang adalah rute Medan-Tanjung Bali dan sebaliknya. Ketersediaan tiket pada jurusan tersebut untuk tanggal 26 Januari hingga 29 Januari 2017 sudah habis terjual. “Bahkan, untuk tanggal 30 Januari pada jadwal keberangkatan pagi dan sore hari pun juga habis terjual,” sambung Joni.

Tiket yang terjual habis, imbuh Joni, salah satunya karena pihak PT KAI memberikan ‘Rame-rame Lebih Seru’, dengan sebesar 20 persen bagi tiket untuk KA komersial jarak jauh dan menengah. “Di antaranya, KA Sribilah periode 27 Januari s/d 10 Maret 2017 dan periode keberangkatan 1 Februari s/d 30 Maret 2017 khusus hari Selasa, Rabu, dan Kamis,” jelas Joni.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, ditambahkan Joni, pihaknya juga telah menambah 7 gerbong pada rute perjalanan ekonomi dan bisnis. “Tujuh gerbong tambahan yang dioperasikan terdiri dari 2 gerbong pada kelas ekonomi rangkaian KA Putri Deli jurusan Medan-Tanjung Balai untuk perjalanan pulang-pergi.”