Hadapi Libur Sekolah, Sebagian KA Tambahan di Daop 6 Yogyakarta Masih Beroperasi

Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta - www.tribunnews.com
Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta - www.tribunnews.com

Solo – Dalam rangka mengantisipasi momen sekolah, PT Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta masih akan mengoperasikan beberapa KA . KA tambahan tersebut pada dasarnya telah dijalankan sejak sebelum mudik Lebaran. Akan tetapi nantinya KA tambahan yang dioperasikan untuk liburan sekolah tak akan sebanyak saat Lebaran yang jumlahnya mencapai 9 .

“Untuk libur sekolah kita tetap jalankan sebagian, namun jumlahnya memang tidak sebanyak saat lebaran,” kata Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, seperti dilansir Tribunnews. Akan tetapi, jumlah dan KA tambahan yang hendak dijalankan saat libur sekolah masih belum dapat dipastikan. Biasanya KA tambahan yang biasa dipakai untuk libur sekolah adalah KA Argolawu dan KA Dwipangga. “Rencana dijalankan, tapi sampai saat ini belum ada telegram. Untuk asal merata,” sambungnya.

Eko menambahkan bahwa untuk KA pada akhir pekan ini kabarnya sudah habis terjual. “Okupansi semuanya di atas 100%. Apalagi setelah Lebaran ini anak-anak libur sekolah, sementara mereka yang sudah lulus SMA masanya mencari perguruan tinggi sehingga mobilitas mereka juga tinggi,” jelas Eko.

Berdasarkan informasi dari KAI Access pada Jumat malam, tiket KA rute Solo-Jakarta kelas eksekutif via Solo Balapan telah habis sampai Minggu (23/6) besok. Sementara itu, untuk kelas eksekutif dan ekonomi via Stasiun Purwosari pun telah ludes terjual sampai Selasa (1/7) depan.

Eko sendiri memperkirakan tingginya animo yang menggunakan KA ini akan berlangsung sampai akhir Juni 2019. “Kita bisa melihat hingga sekarang, jumlah penumpang masih tinggi. Meskipun demikian, harga tiket sudah normal kembali setelah Lebaran kemarin,” tutur Eko.

Agar tidak kehabisan tiket kereta, Eko pun mengimbau para calon penumpang untuk segera memesan tiket sejak jauh-jauh hari. Selain itu, saat masa liburan seperti masyarakat juga dapat menggunakan KA lokal yang mana saat ini tiket KA lokal dapat dipesan untuk 4 orang sekaligus secara online. “Itu kan liburan anak sekolah, jadi penggunaan KA lokal juga tinggi. Sekarang masyarakat bisa sekali pesan tiket untuk 4 orang secara online. Maksimal 4 orang. Kalau untuk liburan kalau bisa belinya jangan dadakan,” ungkap Eko.