Harga Home Door Stasiun Capai Rp 11,3 Miliar

JAKARTA – Saat ini sedang fokus dalam membuat jalur . Namun, pintu penyelamat (home door) bagi yang menunggu perlu dipikirkan. Di Jepang, setiap memiliki Home Door yang harganya mencapai 100 juta yen atau sekitar Rp 11,3 miliar. Untuk setiap ada dua Home Door.

“Jumlah ini sudah murah karena Home Door yang ada selama ini berharga 500 juta yen (sekitar Rp 56 miliar dengan kurs Rp 113 per yen, red) di stasiun kereta api,” papar seorang ahli kereta api Jepang, kepada Tribunnews.com, Selasa (29/10/2013).

Pintu kereta api yang baru saja diluncurkan oleh Sagami Railway Co.Ltd, memang sangat sederhana. Hanya terdapat tiga batang besi menghalangi penumpang dari stasiun ke daerah kereta api. Namun di antara tiga palang besi melintang tersebut telah terpasang 12 sensor, sehingga sedikit saja bagian tubuh penunggu kereta atau barang bawaan mereka melintasi Home Door, akan terdengar suara robot wanita dari speaker di samping Home Door yang mengatakan “Hati-hati kereta api akan melintas”.

Jika pintu dalam keadaaan setengah terbuka, tetapi belum penuh, kemudian ada halangan masuk ke sana, pintu akan terhenti, tidak akan membuka penuh. Pintu akan membuka penuh kembali setelah aman dan tidak ada lagi benda tersensor.

Dari 9.000 stasiun kereta api yang ada di Jepang saat ini, hanya 6 persen yang telah terpasang Home Door. Terdapat dua macam Home Door yang dipasang, yakni satu pintu tutup penuh dan satu lagi bagian tengah pintu agak terbuka namun tetap ada palang melintang. Sedangkan Home Door yang baru diperkenalkan tersebut adalah tipe yang ketiga. Namun masih dalam tahap uji coba da hanya di beberapa stasiun di Jepang.

“Ini adalah kebutuhan sangat penting bagi sebuah Home Door dengan pemberian cahaya lebih baik lagi sehingga jelas terlihat para penumpang,” ujar Dan Seiichi, Asisten Manajer Perencanaan Sagami Railway Co. Ltd, kepada pers.

Home Door baru tersebut setinggi 127 cm, dengan panjang sekitar dua meter, dan berada 50 cm dari tepian platform kereta api. Dengan portal berbahan besi sangat kuat sehingga ketika diduduki sekalipun tidak akan bengkok. Saat membuka maka Home Door akan mengarah ke atas. Kemudian pintu akan kembali turun ketika menutup.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur