Harga Tiket AMC Diperkirakan 6-10 ribu

SELURUH pembangunan jaringan disepakati ditanggung ().  Sehingga, berhak untuk mencari sumber pendanaan lain di luar pendapatan negara (APBN). Salah satu caranya dengan menggandeng investor.

Dengan adanya keterlibatan investor, proyek tersebut diharapkan bisa segera dikerjakan. KAI memastikan, AMC akan tetap terjangkau masyarakat. Sebab, pemerintah tidak akan lepas tangan dan tetap akan memberikan tiket.

Kabid Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Dwijaja Wardhana menjelaskan bahwa pihaknya berupaya untuk meminimalkan subsidi. Salah satu caranya adalah mendayagunakan halte-halte sebagai kios-kios untuk berjualan atau untuk advertising. “Perkiraan kami, Rp 6 ribu hingga Rp 10 ribu. Akan ada subsidi yang besarnya sekitar Rp 20 ribu–Rp 30 ribu,” ujarnya beberapa waktu yang lalu, sebagaimana dikutip Radar Surabaya.

“Negara mana pun yang memiliki AMC tetap memberikan subsidi. Nanti pihak investor juga kami beri kesempatan untuk menggali pendapatan dari advertising. Advertising ini kan bisa dipasang di halte maupun titik-titik strategis yang lain,” ujar Sekretaris Daerah Surabaya Hendro Gunawan.

Sementara itu, anggota FPDIP, Baktiono, meminta pemkot selektif dalam memberikan subsidi tiket. Jangan sampai subsidi tersebut jatuh atau diberikan kepada pihak yang tidak tepat. “Bisa jadi, yang mendapatkan subsidi justru orang-orang yang mampu. Kalau hanya untuk , berarti sama saja memberikan subsidi bagi kalangan menengah ke atas,” tandasnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.