Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Daop IX Jember Naik Hingga 100%

Tak lama berselang setelah Daop mengumumkan rencana kenaikan tiket api, kini giliran Jember, yang mengkonfirmasi perihal rencana kenaikan tiket kereta. Kenaikan tiket yang rencananya mulai diberlakukan per 1 April 2015 mendatang ini hanya terjadi untuk tiket kereta api kelas ekonomi, baik untuk jarak dekat, menengah, maupun jauh.

Masing-masing tiket mengalami kenaikan harga antara 80% hingga 100 % dari harga awal. “Kenaikan harga tiket (sejumlah) rangkaian kereta api karena kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) dan kenaikan biaya operasional kereta berkisar 8% hingga 10%,” tutur Eko Sri Mulyanto, Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi IX Jember saat diwawancara oleh awak media pada hari Rabu lalu (19/3).
Selain itu, faktor melemahnya nilai tukar juga menyebabkan melambungnya harga suku cadang kereta api. Setidaknya ada 4 kereta api yang tarif tiketnya berubah karena kebijakan ini, diantaranya adalah Tarif Logawa jurusan Jember-, Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, dan Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi. Perubahan tarif tiket dari masing-masing kereta adalah sebagai berikut :

Kereta Api

Jurusan

Harga tiket lama

Harga tiket baru

Jember-Purwokerto

Rp 50.000

Rp 80.000

KA Sritanjung Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta

Rp 50.000

Rp 100.000

KA Tawangalun Banyuwangi-Malang

Rp 30.000

Rp 65.000

KA Pandanwangi Jember-Banyuwangi

Rp 4.000

Rp 8.000

“Pengumuman kenaikan harga tiket sejumlah kereta api ini sudah disosialisasikan kepada para penumpang, bahkan pengumuman itu ditempatkan di setiap stasiun di wilayah kerja PT KAI Daop IX Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi,” ujar Eko.