Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Daop IX Jember Naik Hingga 100%

Tak lama berselang setelah Daop Bandung mengumumkan rencana kenaikan kereta api, kini giliran Jember, yang mengkonfirmasi perihal rencana kenaikan harga tiket kereta. Kenaikan harga tiket yang rencananya mulai diberlakukan per 1 April 2015 mendatang ini hanya terjadi untuk tiket kereta api kelas ekonomi, baik untuk jarak dekat, menengah, maupun jauh.

Masing-masing tiket mengalami kenaikan harga antara 80% hingga 100 % dari harga awal. “Kenaikan harga tiket (sejumlah) rangkaian kereta api karena kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) dan kenaikan biaya operasional kereta berkisar 8% hingga 10%,” tutur Eko Sri Mulyanto, Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi IX Jember saat diwawancara oleh awak media pada hari Rabu lalu (19/3).
Selain itu, faktor melemahnya nilai tukar juga menyebabkan melambungnya harga suku cadang kereta api. Setidaknya ada 4 kereta api yang tarif tiketnya berubah karena kebijakan ini, diantaranya adalah Tarif KA Logawa jurusan Jember-, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi- Yogyakarta, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, dan KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi. Perubahan tarif tiket dari masing-masing kereta adalah sebagai berikut :

Kereta Api

Jurusan

Harga tiket lama

Harga tiket baru

KA Logawa Jember-Purwokerto

Rp 50.000

Rp 80.000

KA Sritanjung Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta

Rp 50.000

Rp 100.000

KA Tawangalun Banyuwangi-Malang

Rp 30.000

Rp 65.000

KA Pandanwangi Jember-Banyuwangi

Rp 4.000

Rp 8.000

“Pengumuman kenaikan harga tiket sejumlah kereta api ini sudah disosialisasikan kepada para , bahkan pengumuman itu ditempatkan di setiap stasiun di wilayah kerja Daop IX Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi,” ujar Eko.