Hati-Hati, Ini Jalur Kereta Api Rawan Bencana di Jawa Timur

alat dan material untuk siaga (AMUS)
alat dan material untuk siaga (AMUS)

Surabaya – PT KAI Surabaya membeberkan sejumlah titik rawan bencana menjelang liburan dan Tahun Baru 2017. Untuk mengantisipasi bencana, Surabaya mempersiapkan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di beberapa jalur kereta api yang rawan akan bencana.

“AMUS kami siagakan semata-mata agar KA bisa berjalan lancar dan nyaman mengangkut penumpang saat liburan nanti,” ujar Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Wiwik Widayanti di Surabaya.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko menambahkan, “Material AMUS itu di antaranya adalah kayu, batu kricak (batu-batu koral), pasir dan besi ditempatkan pada titik-titik yang dianggap rawan, seperti banjir dan .”

Di beberapa stasiun wilayah seperti Stasiun Sumberejo, Stasiun Kapas, dan Stasiun Bowerno yang terletak di Kabupaten termasuk jalur yang rawan bencana. “Di daerah tersebut rawan terjadi banjir dan tanah ambles,” ungkap Wiwik.

Banjir dan juga rawan terjadi di Lamongan, mulai dari Stasiun Babat – Stasiun Bowerno, lalu di Surabaya mulai Stasiun Benowo – Stasiun Cerme (), Stasiun Mojokerto – Stasiun Curah Malang, Stasiun , dan Stasiun Rejotangan.

Selanjutnya Stasiun Wlingi – Stasiun Talun dan Stasiun Pohgajih – Stasiun Kesamben dinyatakan rawan longsor dan banjir. Sementara itu di daerah Malang mulai Stasiun Sumberpucung – Stasiun Pohgajih, Stasiun – Stasiun Ngebruk, Kota Lama juga kerap terjadi bencana serupa.

“Di mulai Stasiun Porong – Stasiun Bangil dan Stasiun Tanggulangin sampai Stasiun Porong juga rawan banjir luapan dari tanggul Lumpur Lapindo. Nah, material AMUS itu nantinya akan disiagakan di daerah-daerah tersebut. Mulai dari kayu, batu kricak (batu-batu koral), serta pasir dan besi. Material tersebut ditempatkan pada titik-titik yang dianggap rawan seperti banjir dan longsor,” bebernya.

Menurut Wiwik, masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2016/2017 berlangsung dari tanggal 23 Desember 2016 sampai 8 Januari 2017. Pihak KAI akan menyiagakan petugas untuk memeriksa lintasan kereta api di seluruh jalur KA Daop 8 Surabaya. Sebelum memasuki libur, KAI Daop 8 juga telah memeriksa semua lintasan KA mulai dari Pantura Jawa sisi tengah sampai selatan. “Ini untuk mengecek kesiapan pelaksanaan angkutan liburan 2016 dari segala aspek, baik sarana, prasarana, operasi, maupun Sumber Daya Manusia (SDM),” pungkasnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.