Hibur Penumpang Cilik, Stasiun Pasar Senen Siapkan Arena Ramah Anak

PT KAI menyediakan arena ramah anak untuk para pemudik di Stasiun Senen - metro.sindonews.com
PT KAI menyediakan arena ramah anak untuk para pemudik di Stasiun Senen - metro.sindonews.com

JAKARTA – Selain Gambir, Pasar Senen merupakan tempat keberangkatan utama pemudik dari Jakarta yang ingin pulang ke kampung halamannya. Karena terus dipadati calon dan sering mengakibatkan suasana yang tidak nyaman, pun berinisiatif menyiapkan arena ramah anak di tersebut untuk menghibur para penumpang cilik.

“Untuk menghibur para penumpang cilik (anak-anak) yang mulai berdatangan, PT KAI DAOP I Jakarta bekerja sama dengan komunitas pencinta yang berjumlah 40 orang menyelenggarakan berbagai acara hiburan di Stasiun Pasar Senen,” jelas Senior Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto. “Acara tersebut di antaranya mendongeng, mewarnai, dan seni melipat kertas miniatur kereta.”

Suprapto menambahkan bahwa pihaknya menyiapkan total 500 balon, 500 kertas mewarnai, 200 pcs miniatur kertas, dan berbagai souvenir menarik lainnya dalam sehari. Di samping itu, mereka juga akan memberikan berbagai macam hadiah menarik bagi para penumpang cilik yang bisa menghafal lima surat dalam Alquran secara benar. “Diharapkan dengan berbagai acara hiburan ini, bisa memberikan kesan positif kepada generasi muda akan massal berbasis rel ini,” sambung Suprapto.

PT KAI sendiri mencatat setidaknya ada 700 ribu orang yang akan memanfaatkan kereta api untuk tahun ini dari keberangkatan Jakarta. Hingga Senin (19/6), tercatat ada 461.294 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Sementara, 238.712 penumpang lainnya dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir.

“Calon pemudik lebih banyak memilih keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dibandingkan Stasiun Gambir karena kereta di Stasiun Pasar Senen bisa memuat lebih banyak penumpang,” papar Kepala Humas PT KAI, Agus Komarudin. “Untuk Lebaran tahun ini, ada peningkatan jumlah penumpang sekitar delapan persen di Stasiun Pasar Senen.”

penumpang di Stasiun Pasar Senen sendiri diprediksi akan terjadi pada H-3 atau H-2 jelang Lebaran. Jika rata-rata dalam sehari keberangkatan di Stasiun tersebut berjumlah 25 ribu penumpang, maka pada tanggal 22, 23, dan 24 Juni 2017, jumlah penumpang diperkirakan mencapai 26 ribu orang dalam sehari.