Hijaunya Jalur Kereta Tram di Eropa

suasana rel kereta tram hijau Eropa 3
sumber: detikTravel

Biasanya dihiasi dengan bebantuan dan beton disekelilingnya. Tapi pemandangan berbeda bisa kita lihat jika kita berada di . kereta di Eropa dihiasi dengan rumput-rumput sehinggan suasananya terlihat hijau dan ramah lingkungan.

Beberapa kota di Eropa rupanya sudah memiliki jalur kereta trem yang ditumbuhi rumput. Ide untuk menanam rumput disekitar jalur kereta trem dimulai sejak tahun 1980. Pada waktu itu banyak kota di Eropa menginginkan kota yang hijau dan memiliki udara yang bersih.

Karena ide tersebut, akhirnya kota di Eropa membuat taman – taman kota selain itu jalur – jalur kereta juga sengaja ditumbuhi dengan rumput. Beberapa kota yang sudah memiliki jalur kereta tram hijau antara lain adalah Barcelona, Frankfrut, Milan, Freibrug (Jerman), St-Eitienne dan Strasbourg (Prancis).

suasana rel kereta tram hijau Eropa 6

suasana rel kereta tram hijau Eropa 7

suasana rel kereta tram hijau Eropa 2
sumber: detikTravel

Rumput – rumput memberikan sejumlah manfaat seperti mengurangi efek panas perkotaan, mengurangi polisi dan menyerap kebisingan yang dihasilkan karena beradunya logam lintasan dengan roda tram

Misalnya saja kereta 39 yang ada di Brussels, Belgia. Jalur kereta trem hijau ini berada di samping raya di tengah kota tanpa dilengkapi pembatas pagar di dekatnya. Jalur kereta ini terlihat sangat hijau dan bersih. Selain itu di kota Freiburg, Jerman, sama dengan di Brussels. Di kota ini jalur kereta hijau juga berada dipinggir , ditengah kota, tanpa ada pembatas juga.

Rel kereta trem hijau ini selain sebagai alat juga menjadi perhatian bagi wisatawan yang berkunjung di kota tersebut.

suasana rel kereta tram hijau Eropa 1 suasana rel kereta tram hijau Eropa 4

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.