Hore! KA Kamandaka Kembali Beroperasi Layani Rute Purwokerto-Semarang

Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto - rri.co.id
Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto - rri.co.id

Purwokerto – Sejak tanggal 1 Februari 2019 lalu (KA) Kamandaka Purwokerto-Tegal-Semarang kembali beroperasi untuk melayani . KA Kamandaka sempat berhenti beroperasi pada akhir 2018 lalu dan namanya diganti menjadi KA Joglosemarkerto yang melewati rute Purwokerto-Semarang--. Akan tetapi masyarakat tampaknya bingung dengan tersebut, karena dalam sehari ada 6 perjalanan KA Joglosemarkerto.

Alhasil pada (1/2) lalu 3 KA Joglosemarkerto kembali diubah jadi KA Kamandaka. “Untuk tetap mengapresiasi fanatisme dan kecintaan masyarakat pada KA Kamandaka, maka mulai 1 Februari 2019, KA Kamandaka kembali melayani rute Purwokerto – Semarang pulang pergi. KA Kamandaka itu sudah brand di masyarakat, khususnya di antara Purwokerto, Tegal hingga Semarang itu sudah minded, ada di pikiran mereka, naiknya Kamandaka,” ujar Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Kamis (31/1), seperti dilansir KRJogja.

Lebih lanjut Supriyanto menjelaskan jika kembalinya nama KA Kamandaka ini sengaja dilakukan guna membedakan rute Purwokerto-Semarang, dengan rute perpanjangan hingga Solo-Yogyakarta. Harapannya agar masyarakat tidak lagi kebingungan ketika akan menentukan waktu perjalanan.

KA Kamandaka hanya melayani rute Purwokerto-Semarang PP, sedangkan KA Joglosemarkerto sampai ke Solo-Yogyakarta. Adapun untuk pembagiannya, KA Kamandaka melayani 3 kali perjalanan dan KA Joglosemarkerto 3 kali perjalanan. “Makanya kita ingin mengembalikan. Yang kedua, dalam satu hari kereta Joglosemarkerto itu ada enam perjalanan KA,” paparnya.

Pemberangkatan pertama KA Kamandaka dari Purwokerto mulai jam 05.00 WIB, kemudian tiba di Semarang Tawang pukul 09.39 WIB. Lalu KA Kamandaka berangkat dari Semarang Tawang pukul 11.00 WIB dan tiba di Purwokerto pukul 16.04 WIB. Perjalanan ketiga KA Kamandaka dari Semarang Tawang pukul 17.12 WIB dan sampai di Purwokerto jam 21.56 WIB.

Sementara itu, KA Joglosemarkerto berangkat pertama kali dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.00 WIB, Purwokerto 10.25, Semarang Tawang 14.53 WIB dan tiba di Solo Balapan 17.22 WIB. Pemberangkatan kedua dari Semarang Tawang 06.15 WIB, Purwokerto 10.40 WIB, Yogyakarta 13.53 WIB, dan tiba di Stasiun Solo Balapan 14.50 WIB. Perjalanan ketiga berangkat dari Purwokerto 17.15 WIB, Semarang Tawang 21.41 WIB dan tiba di Stasiun Solo Balapan 00.06 WIB.

rangkaian KA Joglosemarkerto dan juga KA Kamandaka masing-masing masih terdiri dari 2 Eksekutif dan 7 Ekonomi dengan total tempat duduk 644 kursi,” tandas Supriyanto.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*