Hujan Deras, Dua titik Jalur Kereta Api Rawan Ambles di Kulonprogo

Kulonprogo – Terdapat dua titik rawan ambles di sepanjang 32 kilometer yang membentang di wilayah Kedundang, Temon hingga Sentolo, Kulonprogo, . Titik yang berpotensi ambles saat hujan deras tersebut berada di km 516+5/6 dan 517+2/3 petak jalan Wates – Kalimenur, Sentolo.

Intensitas pemantauan oleh petugas pemeriksa jalan (PPJ) pun ditingkatkan untuk mengantisipasi rel ambles selama arus mudik. Jumlah PPJ yang berjaga kemudian ditambah dua orang serta satu tenaga cadangan sehingga totalnya menjadi delapan orang. Sesi pemantauan yang biasanya baru dimulai pada pukul 15.00 WIB kini ditambah satu sesi lagi yakni pada pukul 10.00 WIB. Harapannya, perbaikan bisa segera dilakukan jika ditemukan ada bagian jalur yang kurang beres.

Setyawan, Kepala Resort JR 6.3 Wates, mengatakan bahwa ruas jalur api di area tersebut rawan ambles jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Semuanya dipantau, mulai dari wesel sampai bagian jalur secara keseluruhan, salah satunya untuk mengamankan daerah yang berpotensi rawan,” lanjutnya, Senin (27/6).

Menurut Setyawan, ada satu titik yang sangat rawan tergenang di wilayah Temon, tepatnya di kilometer 512. Untuk itu, petugas berencana memasang tambahan pecahan batu kali di sepanjang area yang dinilai butuh perlindungan untuk mengantisipasi .

“Ini masih proses untuk realisasi,” terang Setyawan.