Hyperloop: Kereta Listrik Tercepat Didunia Temuan Tesla

hyperloop
model
sumber : detikcom

California – Pabrik Mobil AS Tesla Motor tidak hany ahli dalam pembuatan mobil listrik. Tesla menawarkan untuk membuat dengan kecepatan tinggi dengan sebutan Hyperloop.

Elon Musk, CEO Tesla menjelaskan bahwa Hyperloop ini merupakan kereta dengan kecepatan yang sangat tinggi atau sangat . Jarak antara San Francisco ke Los Angeles dengan jauh 613 km dengan menggunakan Hyperloop hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Hyperloop sendiri merupakan penemuan baru dari perusahaan Tesla. Penemuan ini akan menghabiskan dana sekitar US$ 6,1 miliar atau setara dengan Rp 62 triliun.

Seperti diberitakan di autoweek, Hyperloop merupakan kereta listik yang berupa kapsul. Kereta ini dapat menampung 28 didalamanya.

Elon juga menjelaskan bahwa kecepatan maksimal ini mencapai 1.223 km/jam.

Kemampuan kecepatan yang tinggi ini didapat karena menggunakan magnetik dibagian bawah sehingga saat diberikan daya listrik, kereta akan mengambang dan melaju sangat cepat.

Konsep dari Hyperloop ini sama seperti kereta listrik pada umumnya, hanya saja kereta ini sudah dikembangkan sehingga hasilnya lebih maksimal.

Elon juga menambahkan bahwa biaya dari ini murah. Sekali angkut kereta ini hanya membutuhkan dana sebesar US$ 20.

Tapi kereta listrik tercepat di dunia ini belum diketahui kapan akan diproduksi dan diterapkan di Amerika Serikat.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.