Idul Adha, 4 Rangkaian Kereta Tambahan Dioperasikan

– Selama tahun ini, PT Api Indonesia (KAI) mengoperasikan 59 rangkaian . 4 diantaranya merupakan tambahan yang dioperasikan khusus untuk mengangkut para yang merayakan Idul Adha.

“Yang reguler ada 55 rangkaian, dan empat rangkaian lainnya merupakan tambahan,” ungkap Sukendar Mulya, Kepala Humas KAI Daerah Operasi (Daop) I Jabodetabek, kepada Tempo, Senin (14/10/2013).

Menurut Sukendar, rangkaian yang di operasikan tersebut diberangkatkan dari Jakarta dengan tujuan Cirebon, , dan Malang. Ia menambahkan, kereta api (KA) Matarmaja, satu rangkaian , dengan tujuan Malang, akan diberangkatkan dari Pasar Senen. Selain KA Matarmaja, rangkaian lain yang disiapkan di stasiun tersebut adalah KA Bengawan dengan tujuan Solo.

Sedangkan yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, pihaknya menyiapkan dua rangkaian kereta tambahan, yakni KA Argo Lawu tujuan Solo dan KA Argo Jati tujuan Cirebon.

“Tujuan favoritnya adalah Solo, , dan Malang,” jelas Sukendar.

Sukendar mengatakan, 95 persen untuk keberangkatan 10-16 Oktober 2013 telah terjual. Kebanyakan dari penumpang telah memesan dan membeli jauh hari sebelum keberangkatan.

“Yang sekarang datang langsung ke stasiun untuk beli tiket, pasti susah dapatnya,” ungkap Sukendar.

Sukendar melanjutkan, untuk tarif KA Ekonomi AC pihaknya memberlakukan tarif normal. Misalnya tarif untuk KA Ekonomi AC dari Jakarta ke Solo seharga Rp 55 ribu per penumpang. Sedangkan tarif untuk KA komersial, KAI menetapkan tarif batas atas.

“Untuk Jakarta-Solo misalnya, yang tarif batas bawahnya Rp 350 ribu, sekarang pakai batas atas, yaitu Rp 425 ribu,” jelasnya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur