Iklan Pepsi “Ronaldo Terlindas Kereta” Dikecam

iklan pepsi ronaldo yang dikecam
Pepsi yang dikecam (foto: tribunnews.com)

– Menjelang laga playoff Piala Dunia 2014 antara Swedia dan Prancis. Pepsi, produk minuman ringan ternama, memunculkan sebuah kampanye negatif berupa iklan.

Kampanye yang disampaikan melalui iklan tersebut mengakibatkan Pepsi dituntut meminta maaf secara terbuka. Pepsi edisi Swedia tersebut membuat iklan provokatif, dengan menggunakan (CR) sebagai subjek dalam iklannya.

Iklan provokatif tersebut memang tidak memperlihatkan bentuk nyata dari Ronaldo, namun disimbolkan dengan boneka voodoo yang mengenakan Jersey Timnas bernomor punggung 7.

Dalam iklan tersebut digambarkan boneka Ronaldo dalam keadaan terikat yang terbaring di atas rel . Dalam kampanye provokatif tersebut, Pepsi juga menyertakan slogan, “Mari kita lewati Portugal”, dengan penggambaran sebuah yang melintas dan melindas boneka Ronaldo.

Pada akhir cerita, kepala boneka Ronaldo yang rusak pun diganti dengan sebuah kaleng Pepsi yang sudah remuk. Iklan Pepsi tersebut langsung menuai aksi protes keras, khususnya dari para fans Ronaldo dan Timnas Portugal.

Bahkan, saat ini mulai bermunculan gerakan aksi boikot terhadap produk Pepsi di Portugal. Mereka juga menuntut Pepsi untuk mencabut iklan tersebut, dan melakukan permintaan maaf secara terbuka ke publik.

Tak ingin larut dalam kontroversi dan terus-terusan dikecam, Pepsi pun langsung merilis permintaan maaf, Rabu (20/11/2013).

“Kami tak bermaksud mengedepankan semangat kompetisi dengan konotasi negatif. Kami meminta maaf atas hal tersebut, dan iklan akan segera dihilangkan,” bunyi pernyataan maaf dari pihak Pepsi.

Pada laga Swedia kontra Prancis, hattrick Cristiano Ronaldo memastikan langkah Portugal lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur