Indonesia Bakal Punya Kereta Api Turis Setara Hotel Bintang Empat

yang baru dilantik, Budi Karya Sumadi, berencana untuk membangun rangkaian khusus turis dengan menyerupai hotel bintang empat. Untuk tahap awal, tersebut rencananya akan diujicobakan untuk Yogyakarta-Solo.

Hal itu disampaikan Budi di sela-sela kunjungannya ke Tugu, Yogyakarta, pada Sabtu (6/8) kemarin. Menurut Budi, turis butuh kenyamanan dan privasi lebih sehingga pihaknya sedang menyiapkan satu atau rangkaian untuk kelas turis.

“Saat ini, kereta api memang didominasi kelompok C dan D,” katanya. “Tapi, bukan tidak mungkin kita membuat kelompok A agar turis bisa masuk. Nantinya, di sana ada fasilitas tempat duduk, kamar mandi kering dan bersih, minum, pramugari dan pramugara yang good looking, seperti hotel bintang empat.”

Meski begitu, dirinya mengaku masih membutuhkan riset mendalam untuk menetapkan jika rencana tersebut jadi terealisasi. “Kami akan memformulasikan (harganya). Kereta umum seperti apa dan harganya berapa, medium seperti apa dan kelas turis seperti apa, agar semua penumpang terlayani dengan baik,” sambung Budi.