Info Lengkap Harga Tiket & Cara Naik Kereta Api ke Denpasar-Bali

Selama ini sebagian besar masyarakat Indonesia lebih senang menggunakan pesawat untuk menuju ke Pulau Bali. Seperti yang Anda ketahui, antara Bali memang merupakan sebuah kepulauan yang dikelilingi oleh laut, sehingga tak ada pilihan lain selain menyeberang ke Bali dengan naik kapal ferry atau naik pesawat.

Namun sekitar tahun 2011 lalu (KAI) membuat sebuah gebrakan baru yang dapat memudahkan masyarakat dan menghemat biaya perjalanan dengan membuka -Bali. Lalu bagaimana caranya? Memangnya sudah ada jalur menyeberangi Selat Bali?

Tenang saja, ternyata itu semua tidak seperti yang Anda bayangkan. Masyarakat umum memang masih belum familiar dengan metode perjalanan ini. Namun sebagian besar kalangan backpacker justru sudah lebih dulu mengenal rute baru ini.

Sampai sekarang jalur kereta di Pulau Jawa membentang dari ujung barat sampai ujung timur pantai utara, yakni dari Pelabuhan Merak Banten sampai Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Untuk memenuhi tingginya permintaan transportasi menggunakan ke Bali, pun bekerjasama dengan Perum Damri untuk menyediakan moda transportasi terpadu yang mengintegrasikan kereta api dengan bus Damri dalam 1 paket perjalanan. Wah, pastinya jadi lebih murah? Tentu saja!

KA dari Jakarta atau kota-kota lain dapat melanjutkan perjalanannya ke Pulau Bali dengan membeli 1 KA saja di berbagai yang ada di Surabaya. tak perlu membeli tiket lagi saat hendak menyambung perjalanannya dengan bus Damri untuk menyeberang ke Pelabuhan Ketapang menuju Terminal Ubung, Denpasar.

Sistem moda transportasi terintegrasi ini dinilai lebih praktis dan menghemat waktu serta biaya bagi penumpang KA yang ingin liburan ke Bali. Harga tiket moda transportasi terpadu dari Surabaya ke Denpasar Bali sekitar Rp 175 ribu (batas atas) dan Rp 150 ribu (batas bawah) dengan rincian Rp 65 ribu untuk tiket bus Damri dari Banyuwangi-Denpasar, dan sisanya merupakan tiket KA.

Sayangnya sampai saat ini PT KAI masih belum membuka rute kereta langsung dari Jakarta ke Banyuwangi, sehingga bagi penumpang dari Jakarta yang hendak ke Bali harus transit terlebih dahulu di Surabaya dan kemudian melanjutkan naik kereta lain ke Banyuwangi. Anda tak perlu khawatir, sebab ada banyak pilihan KA dari Jakarta ke Surabaya yang dapat disesuaikan dengan budget.

Dari Stasiun Pasar Senen, tersedia KA kelas ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Untuk kelas ekonomi dilayani oleh KA Gaya Baru Malam dengan tiket harga Rp 106 ribu, KA Kertajaya Rp 165 ribu, dan KA Jayabaya Rp 250 ribu. Sedangkan kelas bisnis dilayani oleh KA Gumarang dengan tarif mulai Rp 340 ribu. Kemudian kelas eksekutif KA Argo Bromo Anggrek Pagi dan Malam Rp 375 ribu serta KA Sembrani Rp 375 ribu. Setelah sampai di Surabaya, Anda dapat menumpang kereta kelas bisnis KA Mutiara Timur Malam dengan harga tiket mulai Rp 190 ribu dan kelas eksekutif mulai Rp 240 ribu.