Ini Fasilitas Kereta Ekonomi Baru Buatan INKA

Jakarta – PT Indonesia (KAI) sudah meluncurkan kereta kelas dengan tampilan serta baru yang lebih nyaman. Untuk kereta baru tersebut, mempercayakannya pada pabrikan lokal, .

KAI sudah melakukan uji coba pada kereta ekonomi bercita rasa eksklusif ini mulai 3-17 Juli 2016 lalu untuk jurusan Pasar Senen-Kutoarjo PP.

Pihak INKA mengatakan jika desain kursi serta bagian interior dari kereta ekonomi terbaru itu lebih nyaman dan berbeda dari model sebelumnya.

Jika dulu kereta ekonomi tersebut menampung 106 , kini INKA membuatnya terasa lebih longgar dengan hanya menyediakan kursi untuk 80 orang . Meski begitu, kereta ekonomi rasa ini memuat lebih banyak penumpang dibanding kelas bisnis, yakni 800 penumpang yang terbagi ke dalam 10 .

“Sebenarnya jumlah penumpang masih banyakan ini ya 80 (per gerbong), kalau bisnis itu 64 kan per gerbong. Sekali keberangkatan 800 kereta ini 10 gerbong jadi 800, kalau bisnis 640,” kata VP Corporate Communication KAI, Agus Komarudin

“Kereta ekonomi dulunya kapasitas banyak dengan posisi dihadap-hadapkan. Untuk kereta ekonomi yang sekarang tetap dengan jumlah yang banyak tapi tidak berhadap-hadapan dengan jarak yang lebih diatur lagi, sehingga penumpang lebih nyaman untuk duduk,” kata Senior Manager Humas, Protokoler & PKBL, Cholik Mochamad Zamzam.

Jika diperhatikan dari luar, segi warna dan desain kereta ekonomi maupun eksekutif nyaris serupa. Bedanya hanya pada jumlah kursi kelas eksekutif yang lebih sedikit dibandingkan dengan kelas ekonomi, sehingga kenyamanan penumpang untuk perjalanan jauh menjadi lebih terjamin.

“Jika dilihat, untuk K1 (eksekutif) K3 (ekonomi) secara tampilan luar sama, tapi kalau dari luar orang tidak tahu itu K3 atau K1. Kalau dulu dari warna kereta sudah kelihatan mana K1 atau mana K3,” paparnya.

“Sekarang yang dibedakan adalah warna pintu, untuk pintu K3 berwarna oranye, sedangkan pintu K1 berwarna biru. Untuk fasilitas sama pake AC, hanya saja jumlah kursinya beda. Jumlah kursi ekonomi lebih banyak walaupun sekarang sudah lebih nyaman untuk jarak jauh,” tambah Cholik.

Tak kalah dengan kereta eksekutif, kereta ekonomi kini juga disediakan fasilitas berupa pendingin ruangan (AC) yang membuat penumpang makin nyaman. Selain itu, kereta ekonomi versi baru kini juga dipasangi cctv atau kamera pengawas untuk menambah fitur keamanannya, televisi, dan toilet yang lebih nyaman dari sebelumnya. Tarif KA kelas ekonomi yang baru tersebut nantinya akan dijual dengan Rp 250 ribu per kursi.