Inilah Jalur Kereta Api dan Tol Laut di Wilayah Papua

JAYAPURA – melalui Balai Jalan Nasional wilayah X telah memetakan sejumlah daerah yang memungkinkan untuk pembangunan jalur rel api. Meskipun belum dilakukannya studi kelayakan pembangunan ini, namun beberapa daerah tersebut kemungkinan bisa dibangun jalur tersebut.

Daerah-daerah tersebut itu diantaranya yaitu Kabupaten Merauke tembus ke Tanah Merah, Boven Digul, untuk bagian selatan Papua. Sedangkan untuk bagian utara yakni Jayapura-Sarmi atau Jayapura-Mamaeramo Raya.

Sementara itu, hampir seluruh kabupaten di wilayah pegunungan tengah sulit untuk dibuka jalur , sebab tingkat ketinggiannya maksimum. Sedangkan untuk wilayah Papua Barat justru dimungkinkan untuk pembangunan rel , sebab dari 13 kabupaten, hanya ada beberapa daerah di Kabupaten Maybrat yang tidak layak untuk pembangunan jalru .

“Daerah Nabire-Paniai yang sudah dibuka dapat dilalui dengan jalur darat untuk bisa tembus ke kabupaten Deiyai dan Dogiyai sekaligus saja, masih sulit untuk dibangunkan rel kereta api. Kalaupun dipaksakan, cost-nya akan tinggi sekali, seperti kereta api Beijing-Tibet, menanjak luar biasa,” ucap Kepala Balai Jalan Nasional wilayah X Papua, Thomas Setiabudi Aden seperti dikutip liputan6.com (29/1/2015).

Pembangunan jalur kereta api di Papua dilakukan untuk membuka keterisolasian dan pemerataan pembangunan di tanah Papua. Juga untuk membangun konektivitas di seluruh wilayah di .

Sedangkan untuk pembangunan jalur , Balai jalan nasaional setempat mengklaim tanah Papua justru lebih siap dalam pengembangan dan pembangunan laut ini. yang rencananya mencapai Depapre di Kabupaten Jayapura ini nantinya akan meningkat statusnya menjadi internasional.