KA Dharmawangsa dan Anjasmoro Kembali Dioperasikan, Ini Jadwalnya

KA Dharmawangsa dan Anjasmoro kembali dioperasikan - kabarjatim.com

JAKARTA – (PT KAI) kembali menghadirkan KA Dharmawangsa dan KA Anjasmoro untuk melayani kebutuhan yang hendak bepergian lewat jalur darat. Kedua tersebut dioperasikan pada tanggal 15, 16, dan 23 Desember 2020, dengan sudah dapat dipesan lewat KAI Access, website resmi PT KAI, serta kanal resmi lainnya.

Dikutip langsung dari akun Twitter resmi PT KAI, KA Dharmawangsa akan melayani relasi Stasiun menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya maupun sebaliknya pada tanggal 15 dan 16 Desember 2020. Sementara itu, KA Anjasmoro dioperasikan pada tanggal 23 Desember 2020 untuk melayani perjalanan dari Stasiun Pasar Senen di Jakarta menuju Stasiun Jombang.  

Karena beroperasi di tengah pandemi COVID-19, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi masyarakat untuk bisa menumpang dua kereta tersebut. Calon harus menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji dengan hasil non-reaktif pada saat atau menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test.

Syarat lainnya adalah download dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lingkungan pada perangkat seluler, harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celcius, wajib menggunakan masker, serta menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. Khusus penumpang infant atau di bawah usia 3 tahun, diwajibkan membawa face shield sendiri.

KA Dharmawangsa sendiri pertama kali diluncurkan PT KAI pada Desember 2019 kemarin, sebagai alternatif masyarakat yang ingin bepergian dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada awalnya, kereta api ini berhenti di beberapa stasiun, seperti Cirebon, Brebes Tegal, Pekalongan, Semarang, Bojonegoro, Lamongan, dan Surabaya Pasar Turi.