Jadwal Kereta Api di Stasiun Merak

(MER) merupakan stasiun yang terletak di Pulo , Cilegon, Provinsi . Stasiun kereta api ini merupakan stasiun aktif yang berada di ujung paling barat Pulau Jawa.

Dibangun sekitar tahun 1990-an, tak lama setelah pelabuhan Merak beroperasi, Stasiun Merak telah menjadi andalan masyarakat Banten dan sekitarnya yang menghubungkan Tangerang-Jakarta. Dengan penambahan kereta api jarak jauh Merak-Kediri PP, semakin meningkatkan citra stasiun ini.

Stasiun ini berada di lintasan jalur kereta api Tanah Abang-Merak, dan terletak di antara dua stasiun, yaitu Stasiun Krenceng dan Stasiun Terminus. Jalur Tanah Abang-Merak sendiri merupakan jalur double track dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Maja.

Karena terletak di ujung barat Pulau Jawa, Stasiun Merak juga menjadi stasiun kereta api yang terintegrasi dengan Pelabuhan Merak. Rencananya, stasiun ini nantinya akan tersambung dengan Pulau Sumatera dengan menyeberangi Selat Sunda menuju Bakauheni, setelah Jembatan Selat Sunda selesai dibangun.

Stasiun Merak sendiri termasuk dalam areal Pelabuhan Merak milik PT. ASDP. Karena itu, setiap orang yang ingin masuk ke stasiun ini, diwajibkan untuk membayar masuk areal pelabuhan sebesar Rp2.500. Pihak stasiun juga sudah mengusulkan untuk merelokasi stasiun di luar pelabuhan.

Kereta api yang beroperasi di stasiun ini di antaranya:

  • KA Banten Ekspres, dari/ke Tanah Abang.
  • KA Kalimaya, dari/ke Tanah Abang.
  • KA Patas Merak, dari/ke Tanah Abang.
  • KA Krakatau Ekspres, dari/ke Kediri.

Berikut kereta api di Stasiun Merak berdasarkan GAPEKA 2015.

No KA KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
165 Krakatau Merak (MER) Ekonomi AC 02.07
331 Kalimaya Jakarta Tanahabang (THB) Ekonomi AC 05.40
339 Patas Merak Angke (AK) Ekonomi AC 06.00
166 Krakatau Kediri (KD) Ekonomi AC 09.15
340 Patas Merak Merak (MER) Ekonomi AC 11.16
341 Patas Merak Angke (AK) Ekonomi AC 14.00
342 Patas Merak Merak (MER) Ekonomi AC 17.51
334 Kalimaya Merak (MER) Ekonomi AC 18.50