Mulai 10 Februari 2021 Waktu Tempuh Kereta Api Semakin Cepat

Joni Martinus, VP Public Relations KAI - medan.tribunnews.com
Joni Martinus, VP Public Relations KAI - medan.tribunnews.com

Jakarta – PT Indonesia (KAI) mengumumkan bahwa waktu api akan semakin singkat dan sebagian KA bakal mengalami perubahan mulai tanggal 10 Februari 2021 mendatang. Hal ini sejalan dengan perubahan jadwal keberangkatan sebagian KA jarak jauh melalui grafik perjalanan kereta (Gapeka) 2021.

Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. 1385/2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan No. 1362/2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

Gapeka sendiri adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan , waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. “Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, seperti dilansir Medcom.

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan kereta api. Setidaknya ada efisiensi waktu perjalanan kereta penumpang sebesar total 5.350 menit dan kereta barang total 6.321 menit. “Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat,” terang Joni.

Joni pun mengimbau para penumpang untuk memastikan kembali jadwal perjalanannya karena ada perubahan jadwal keberangkatan kereta api pada Gapeka 2021. Misalnya saja KA Argo Lawu relasi Stasiun Gambir ke Stasiun Solo Balapan yang tadinya diberangkatkan dari Gambir pukul 21.00 WIB, mulai 10 Februari 2021 jadwal keberangkatannya maju 60 menit jadi jam 20.00 WIB.

“Kami mengimbau kepada calon pelanggan kereta api dengan keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket. Tujuannya agar pelanggan tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya Gapeka 2021,” beber Joni.

mengharapkan dengan pemberlakuan Gapeka 2021, penumpang kereta api makin meningkat karena adanya banyak inovasi, peningkatan dan perbaikan, seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan lintas baru, dan sebagainya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*