Jalur Ganda di Stasiun KA Binjai Masuk Tahap Ground Breaking

Medan – Presiden rencananya akan meresmikan ground breaking layang di KA Binjai, Rabu (2/3). Bersama dengan Presiden, akan turut hadir , Dirjen Kereta Api Hermanto Dwiatmoko, serta Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) HT Erry Nuradi.

Dijelaskan oleh Dirjen Kereta Api Hermanto Dwiatmoko, sebagian besar kereta api Binjai-Besitang masih menggunakan rel R.25 peninggalan Belanda yang menggunakan bantalan kayu. Akibat konstruksi rel dan fasilitas operasi di jalur tersebut tak laik operasi, praktis jalur ini mangkrak sejak 2013 lalu.

“Direncanakan jalur KA Binjai-Besitang siap dioperasikan 2017. Untuk jurusan Binjai-Stabat diperhitungkan tahun ini sudah bisa dioperasikan,” ujar Hermanto, kemarin (1/3).

Proses konstruksi telah dijalankan sejak tahun 2015 yang meliputi pembangunan badan jalan KA sepanjang 69,5 kilometer, pemasangan rel R.54 sepanjang 55 kilometer, pembuatan box culvet 25 buah, serta pemasangan pintu perlintasan di dua lokasi.

Selain Binjai, Presiden Joko Widodo beserta rombongan juga dijadwalkan bertolak ke Takengon untuk meresmikan Bandara Rembele-Takengon, Provinsi Aceh, pada hari ini (2/3).